NEWS

Jurusan Sastra Prancis UHO Didik Mahasiswa Jadi Pemandu Pariwisata

858
×

Jurusan Sastra Prancis UHO Didik Mahasiswa Jadi Pemandu Pariwisata

Sebarkan artikel ini
Momen mahasiswa jurusan Sastra Perancis seusai mengikuti seminar tekni pemandu pariwisata

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Jurusan Sastra Prancis, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Halu Oleh (FIB UHO) menggelar seminar teknik pemandu pariwisata di Gedung FIB.

Seminar dilaksanakan untuk menciptakan mahasiswa yang siap kerja ketika keluar dari kampus menjadi seorang pemandu parkwisata dengan menggunakan Bahasa Prancis.

Ketua jurusan Sastra Prancis, Fakultas Ilmu Budaya UHO, Samsul S.Pd. M.Hum menerangkan, Sultra merupakan wilayah yang berpotensi untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) dibidang pemandu pariwisata.

“Selama ini kan untuk di Sulawesi Tenggara (Sultra) khususnya itu, bicara pemandu wisata itu hanya menggunakan bahasa Inggris tapi dengan lahirnya prodi Sastra Perancis, yaa saya kira itu bisa memotivasi mahasiswa agar dapat ketika selesai kuliah bisa berkiprah atau terjun menjadi pandu wisata,” ujarnya, Minggu, (30/10/2022).

Di tempat yang sama Dosen Jurusan Sastra Perancis, I. Subandrio mengatakan, kegiatan ini untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi pemandu pariwisata meski parawisata di Sultra belum terkenal luas.

Baca Juga : PWI Sulawesi Utara Sesalkan Sikap Oknum Anggota Polres Tomohon Soal Penjemputan Paksa Wartawan

Sebab, wilayah Sultra memiliki beberapa parawisata yang terkenal hingga ke mancanegara (Prancis), salah satunya di Kabupaten Wakatobi.

Sehingga untuk saat ini, menurutnya hal yang pas untuk mempersiapkan SDM agar Sultra memiliki pemandu parawisata yang mampu berbahasa Prancis

“Siapa tau suatu hari Kota Kendari siap dengan potensi pariwisatanya mereka bisa menjadi pemandu pariwisata di wilayah sendiri. Jadi bagaimana pun yang penting menciptakan mahasiswanya,” katanya.

Selain itu, tujuan lainnya juga untuk membuka cakrawala berpikir mahasiswa khususnya program studi sastra Prancis dalam menentukan pilihan kerja akan kemana nantinya.

Diketahui, kegiatan itu merupakan pertama kali yang digelar yang diikuti oleh mahasiswa Jurusan Sastra Prancis mulai dari angkatan 2019, 2020 dan 2021.

Reporter : Muhammad Ismail

You cannot copy content of this page