oleh

Kadis Kominfo Sultra, Pelantikan Bupati di Tiga Daerah Belum Dilakukan Bukan Dibatalkan

-NEWS-197 dibaca

KENDARI – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) H Ali Mazi SH dikabarkan besok akan melantik Wakil Walikota Baubau menjadi Walikota defenitif.

Sementara bupati di tiga Kabupaten diataranya Kabupaten Muna, Buton Tengah, dan Buton Selatan

belum dilakukan pelantikan dan bukan dibatalkan oleh Gubernur.

Kadis Kominfo Sultra, Ridwan Baddalah mengatakan

belum dilakukan karena dua kabupaten tidak berdasarkan usulan gubernur.

“Sebagaimana biasa dilakukan berdasarkan aturan penunjukan pj. Oleh sebab itu. Bapak Gubernur setelah pelantikan walikota maka akan menkonsultasikan atau menanyakan ke mendagri ihwal mengapa tidak sesuai prosedur,” jelasnya Minggu malam 22 Mei 2022.

Sementara itu Ridwan menyebutkan untuk mengisi kekosongan jabatan maka sejak kemaren pukul 00.01 wita Gubernur menunjuk Plh Bupati di tiga daerah yang secara otomatis ditunjuk Sekda disetiap daerah.

“Masa jabatan plh seminggu dan jika belum ada pelantikan pj maka diperpanjang seminggu lagi. Namun, untuk mempercepat penyelesaian masalah pj di tiga Kabupaten maka sekali lagi bapak gubernur akan mengkonsultasikan ke Mendagri,” terangnya.

Selain itu Ridwan mengatakan terkait ada pernyataan bapak gubernur jangan gaduh itu pernyataan prematur dan tidak substansial.

“Karena penundaan (bukan pembatalan) pelantikan namun karena ingin mendapat jawaban terkait dua kepala daerah yang tanpa melalui pengusulan gubernur,” pungkasnya.

 

Reporter : Sardin.D

Terkini