Kendari

Kantor Bahasa Sultra Adakan Lomba Karya Jurnalis

684
×

Kantor Bahasa Sultra Adakan Lomba Karya Jurnalis

Sebarkan artikel ini
Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara
Kepala Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara (Sultra) Herawati S,S

Reporter : Sardin.D

KENDARI – Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara (Sultra) akan mengadakan lomba karya Jurnalis. Lomba itu dibuat karena banyaknya media massa daring (online) yang tersebar di Kota Kendari dengan keberagaman tulisan bahasa didalamnya.

Kepala Kantor Bahasa Sultra, Herawati mengungkapkan seorang jurnalis dalam menulis berita harus memperhatikan kaidah bahasa indonesia dengan memberikan informasi yang dapat dipahami oleh semua kalangan pembaca.

“Nah meskipun menggunakan ragam bahasa jurnalistik harus tetap memperhatikan kaidah penggunaan bahasa,” ucap Herawati Selasa 13 Oktober 2020.

Ia menyebut terdapat beberapa media yang masih memberikan informasi yang kurang bisa ditangkap langsung oleh pembaca karena belum tepat atau belum sesuai kaidah penulisannya.

“Kami punya program rutin pelatihan penulisan pada media massa yang bertujuan agar para pengelolah media massa itu mengetahui Informasi kebahasaan,” ujarnya.

Ia menjelaskan penggunaan bahasa itu sifatnya dinamis dan terus berkembang sehingga harus terus memperbaharui kebahasaan kita.

“Kami sudah mendapatkan pemenangnya untuk wajah bahasa media massa dan minggu depan akan kami lomba karyakan,” bebernya.

Ia menambahkan saat ini bukan lagi untuk media cetak tetapi untuk media daring yang ada di Kota Kendari.

“Karena media massa (Online) sering jadi konsumsi baca publik atau masyarakat. Jadi kita harus sering pantau untuk penulisan kaidah kebahasaannya,” pungkasnya. (3).

You cannot copy content of this page