NEWS

Katapayi Sulaa Dari Baubau Laris Dipameran HPN 2022 di Sultra 

622
×

Katapayi Sulaa Dari Baubau Laris Dipameran HPN 2022 di Sultra 

Sebarkan artikel ini
Ketua Dekranasda Kota Baubau, Wa Ode Nursanti Monianse saat menunjukkan produk kuliner Katapai Sulaa.

BAUBAU – Pameran produk UMKM sebagai rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022 yang digelar di Sulawesi Tenggara (Sultra) turut serta diikuti oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau  bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Baubau.

Dari sejumlah produk UMKM yang ditampilkan Dekranasda Kota Baubau, kuliner tradisional berupa Katapayi Sulaa menjadi yang paling laris terjual di stan Pemkot Baubau. Peminatnya banyak dari luar Sultra.

“Ada beberapa orang tamu-tamu kita yang berasal dari luar Sultra yang membeli Katapayi. Jadi sejauh ini yang paling banyak diminati pengunjung antara lain Katapai Sulaa, kerang mutiara, dan kain tenun,” ucap Ketua Dekranasda Kota Baubau, Wa Ode Nursanti Monianse ditemui di stand pameran Kota Baubau, Minggu malam 06 Februari 2022.

Nursanti mengungkapkan kuliner katapayi merupakan sebutan dari bahasa Wolio yang berarti kuliner dengan bahan dasar ikan tuna segar yang diproses dengan cara diasapi.

Kata Nursanti, melalui kreatifisnya pembuat katapai telah melakukan inovasi dengan membuat berbagai varian rasa katapai.

“Katapayi Sulaa ini sudah berkembang bukan saja yang original. Tetapi sudah ada beberapa varian rasa yang sudah diberi bumbu,” ujarnya.

Ia menyebut, selain katapayi pihaknya juga menyediakan produk UMKM berupa tenunan, dan aksesoris kerajinan tangan.

Nursanti menambahkan dengan adanya pameran HPN yang dihadiri seluruh Insan Pers di tanah air ini dapat membuat produk-produk UMKM dan destinasi wisata Kota Baubau lebih dikenal lagi baik di tanah air maupun manca negara.

“Karena pameran HPN ini jadi ajang promosi dan sosialisasi hasil-hasil UMKM  dan destinasi wisata kita di Baubau,” imbuhnya.

Sebagai informasi, pameran HPN dibuka secara resmi oleh Gubernur Sultra, H Ali Mazi, SH dan juga dihadiri langsung oleh Ketua PWI Pusat, Atal S Depari. Pameran tersebut akan berlangsung sampai 09 Februari 2022.

 

Penulis : Ardilan

You cannot copy content of this page