oleh

Kelurahan Wali di Kabupaten Muna Disiapkan Menjadi Wilayah Sadar Hukum

Reporter: Alifudin

MUNA – Kelurahan Wali, Kecamatan Watopute, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara dicanangkan sebagai wilayah masyarakat sadar hukum. Sasaran pencanangan ini yakni peningkatkan pengetahuan hukum demi mewujudkan keamanan dan keharmonisan masyarakat.

Lurah Wali, La Ode Raisungku Hari Kepada MEDIAKENDARI.Com, menjelaskan, pembentukan kelurahan sadar hukum merujuk program Kementrian Hukum dan HAM. Untuk itu, agar mendapat predikat kelurahan sadar hukum mesti memenuhi beberapa syarat.

“Dibutuhkan perangkat paralegal atau pendamping hukum kelurahan. Saya akan memilih beberapa orang masyarakat untuk mengikuti pelatihan paralegal. Kerja sama dengan pihak Lembaga Bantuan Hukum melakukan bimbingan,” terangnya pada Selasa, 2 Maret 2021

Selain itu, lanjutnya, penilaian kelurahan sadar hukum tidak hanya soal hukum, tetapi juga akses informasi demokrasi dan penerapn hak asasi manusia.

Ketua LBH LIKE Muna, Oscar yang ditemui di Pengadilan Agama Muna berharap seluruh desa dan kelurahan di Kabupatenn Muna bergegas menuju predikat sadar hukum.

“Saya sangat setuju dengan kebijakan Pemerintah Kelurahan Wali. Semoga apa yang dicanangkan bisa berhasil mendapatkan predikat dari Kemenkum dan HAM. Kami dari LBH siap membantu melakukan pendampingan hukum dan pembinaan melalui kegiatan penyuluhan hukum,” kata Oscar. (c)

Terkini