NEWS

Kemenag Kota Kendari Berikan Pemahaman Pada Calon Jamaah Haji Melalui Bimbingan Manasik Haji

662
×

Kemenag Kota Kendari Berikan Pemahaman Pada Calon Jamaah Haji Melalui Bimbingan Manasik Haji

Sebarkan artikel ini

KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari secara resmi membuka Bimbingan Manasik Haji Kantor Kementerian Agama Kota Kendari Tahun 1443H/2022M pada Kamis 26 Mei 2022 di salah satu hotel di Kota Kendari.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh PJ Sekda Kota Kendari, Ir. Agus Salim, MS mewakili Wali Kota Kendari. Dia mengatakan bahwa kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada calon jamaah haji untuk berangkat ke tanah suci.

“Ini yang kami harapkan, dan juga Pemkot dalam hal ini Wali Kota Kendari sangat peduli sehingga tadi kamu memberikan dukungan berupa transportasi dari Kota Kendari ke Makassar,” ujarnya.

Baca Juga : Ketua DPRD Sultra Dukung Sikap Gubernur Ali Mazi Soal Penunjukan Pj Bupati Busel dan Mubar

Lebih lanjut Agus mengatakan bahwa ini merupakan hal yang belum terjadi di tahun sebelumnya.

“Kami berpesan laksanakan sesuai dengan rukun haji, dan juga jamaah haji kita ini sehat, lancar semua urusannya kemudian kembali ke tanah air dengan selamat serta membawa nama baik daerah, dalam hal ini Kota Kendari dan juga jamaah haji Indonesia,” tutupnya.

Sementara itu Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara, H. Zainal Mustamin, S. Ag., M.A., mengatakan bahwa kegiatan Manasik Kota Kendari ini akan dilaksanakan sebanyak enam kali yakni dua kali di tingkat Kota Kendari dan empat kali di tingkat Kantor Urusan Agama kecamatan.

“Ini untuk memberi pengetahuan dan bimbingan tentang perhajian terhadap calon jamaah haji kota Kendari,” katanya.

Lebih lanjut Zainal mengatakan bahwa jamaah haji Kota Kendari yang akan berangkat sekitar 45% dari kuota ideal yang setiap tahunnya.

Baca Juga : Gubernur Sultra Setujui Hibah Aset Pemprov 

“Yang biasanya itu mencapai 700 terapi karena ada pengurangan jadi Hari ini kurang lebih 293 orang. Ini setelah dikurangi usia 65 tahun keatas, prinsipnya hanya tertunda jadi tidak gagal, karena ini masih transisi dari pandemi ke normal,” ucapnya.

“Karena transisi ini pemerintah Arab Saudi mengeluarkan keputusan pembatasan usia yang harus diikuti oleh semua jamaah haji di dunia termasuk Kota Kendari,” tambahnya.

Ditempat yang sama Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari H. Muhammad Lalan Jaya, S.Pd., M.Si. mengatakan bahwa jumlah 293 jamaah haji yang berangkat terdiri dari 107 orang calon jamaah haji laki-laki dan 186 calon jamaah haji perempuan.

 

Reporter : Dila Aidzin

You cannot copy content of this page