oleh

Kemenparekraf dan Tina Nur Alam Gelar Bimtek Fotografi

-NEWS-69 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), Hj Tina Nur Alam menggalar bimbingan teknis (Bimtek) bagi pelaku ekonomi kreatif (Ekraf) subsektor fotografi di Kendari pada salah satu hotel di Kendari pada Kamis, 4 Agustus 2022.

Menurut Tina Nur Alam, dunia fotografi saat ini bukan lagi sekedar hobi, perannya bisa jadi central bila digarap secara profesional.

“Bahkan subsektor ekraf bisa menjadi lokomotif untuk mendorong percepatan industri pariwisata Indonesia. Tidak semua orang bisa menghasilkan foto yang bagus, kalaupun bisa tak semua memiliki kemampuan mengelolanya secara profesional, terlebih di era marketing digital sekarang ini. Instagram marketplace semuanya pakai foto maka kemampuan fotografi jadi hal yang paling penting,” bebernya.

Anggota Fraksi Partai Nasdem ini, sudah banyak bermunculan insan fotografi di Bumi Anoa.

Baca Juga : Desa Tambosupa Dari Konawe Selatan Juarai Lomba Desa 2022 Tingkat Sultra 

Akan tetapi masih banyak yang berada pada tataran hobi dan kebutuhan media sosial (Medsos) saja.

“Padahal potensi untuk menjadikan fotografi sebagai profesi terbuka lebar di era digital ini. Apalagi, ada banyak peluang bagi kaum milenial fotografer di Sultra untuk mengeksplore potensi ekonomi kreatif daerah,” jelas Istri mantan Gubernur Sultra, Nur Alam ini.

“Sebab dari 17 kabupaten kota, masing-masing memiliki wilayah dengan kekhasan, mulai destinasi wisata kuliner, kriya, fesyen dan lainnya apabila dikelola dalam platform fotografi maka tidak hanya memberikan kontribusi ekonomi namun juga mempercepat pertumbuhan Inovasi dan kreativitas milenial Sultra,” sambungnya.

Ia berharap, forum ini bisa menjadi momentum bagi pemda, para pelaku ekraf subsektor fotografi dan Kemenparekraf untuk bersama membangun kolaborasi sinergitas dalam mendorong percepatan serta penguatan ekosistem yang inovatif dan tangguh di sektor fotografer di Sultra.

 

Reporter : Rahmat R.

Terkini