NEWS

Kendari Peringkat Empat Nasional Kategori IPM, Wali Kota : Kado yang Indah 

337
×

Kendari Peringkat Empat Nasional Kategori IPM, Wali Kota : Kado yang Indah 

Sebarkan artikel ini
Tampak walikota kendari saat memberikan penjelasan kepada awak media

KENDARI – Pemerintah Pusat melalui Badan Pusat Statistik (BPS) secara resmi merilis update angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tertinggi kabupaten/kota yang ada di Indonesia tahun 2021.

Berdasarkan data tersebut, Kota Kendari berhasil menduduki peringkat ke 4 Nasional dengan capaian IPM 84,15.

Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari dalam hal ini Wali Kota Kendari, H Sulkarnain Kadir mengatakan bahwa ini merupakan hasil kerja keras seluruh pihak termasuk masyarakat Kota Kendari.

“Tentu ini semakin punya nilai kebanggaan karena bertepatan dengan kita sedang memperingati hari ulang tahun Kota Kendari. Bisa dibilang ini kado yang cukup indah untuk kota Kendari,” ujarnya saat diwawancarai pada Kamis 12 Mei 2022.

Lebih lanjut Sulkarnain mengatakan bahwa capaian IPM ini indikatornya cukup banyak.

Baca Juga : Turnamen Pekalape Puma 2022 Resmi Dibuka Plt Wali Kota Baubau 

“Paling tidak dikelompokkan dalam tiga hal. Pertama terkait dengan indeks Pendidikan, kemudian indeks kesehatan dan indeks pertumbuhan ekonomi,” katanya.

“Alhamdulillah dari tiga indikator ini kita dinilai cukup tinggi dan Secara akumulatif sebagaimana yang telah kita dapatkan informasinya ada kenaikan dari tahun sebelumnya yakni 83,6 sekarang kita di 84,15 dan ini juga tidak terlepas dari penanganan covid-19 yang relatif itu menunjukkan hasil yang cukup baik sehingga kita bisa menduduki peringkat empat nasional,” tambahnya.

Lebih lanjut Sulkarnain mengharapkan bahwa pihaknya selama situasi pandemi melakukan pembenahan infrastruktur pendidikan di Kota Kendari.

“Bisa di cek sekolah yang menjadi kewenangan Pemkot Kendari khususnya di Tingkat SD dan SMP itu terjadi kenaikan yang cukup signifikan, selain itu kami juga memberikan beasiswa bagi siswa berprestasi tidak mampu dan memastikan mereka tetap menempuh pendidikan secara baik dan mendapatkan support dari pemerintah,” katanya.

“Itu antara lain yang kemudian paling signifikan dari sisi Pendidikan kemudian dari sisi kesehatan juga cukup berkontribusi karena penanganan covid-19 kita berjalan dengan baik,” pungkasnya.

 

Reporter : Dila Aidzin

You cannot copy content of this page