oleh

Kepala DLH Wakatobi Imbau Warga Buang Sampah pada Tempatnya

-FEATURED, SULTRA, WAKATOBI-93 dibaca

WANGIWANGI – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Kebersihan Kabupaten Wakatobi, Jaemuna, mengimbau kepada seluruh masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya, Selasa (3/4/2018).

“Kita inikan daerah pariwisata, oleh karena itu kami sampaikan agar masyarakat sadar akan kebersihan lingkungan, terutama membuang sampah pada tempatnya,” imbau Jaemuna, saat ditemui di ruang kerjanya.

Oleh sebab itu katanya, sebagai langkah awal, DLH Wakatobi memprogramkan satu hari dalam seminggu untuk melakukan bersih-bersih di area rawan sampah seperti pada komplek pasar, pantai dan wilayah lainya yang dianggap rawan sampah.

BACA JUGA: Masuk Target Prioritas Pembangunan Nasional, Bappeda Wakatobi Usulkan Pembangunan Infrastruktur Pariwisata

Jaemuna juga mengungkapkan, soal Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang belum difungsikan dikarenakan belum adanya serah terima dari Kementerian.

“Tapi dari laporan yang kami terima itu, Satker (Satuan Kerja) akan menyelesaikan dulu semuanya dalam waktu dekat, baru diserah terimakan itu TPA,” ungkap Jaemuna.

Kendati demikian pemilahan sampah organik dan an-organik (sampah plastik) telah dilakukan oleh DLH dan menyampaikan kepada masyarakat agar tidak menggunakan sampah an-organik untuk ditebar pada tanaman seperti sayur-sayuran, dan tumbuhan lainya yang bakal dikonsumsi.

“Karena ditakutkan sari sampah plastik diserat oleh tumbuhan yang dikonsumsi masyarakat nantinya,” pungkasnya.

Reporter: Syaiful
Editor: Kardin

Terkini