Kesbangpol Sultra Sudah Siapkan Anggaran Pemilu 2024

NEWS504 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulawesi Tenggara (Sultra) menganggarkan dua tahun untuk tahapan Pemilu, Pilkada dan Pilpres pada Tahun 2024 mendatang.

Kepala Kesbangpol Sultra, Syahruddin Nurdin mengatakan pihaknya telah beberapa kali melakukan rakor persiapan menghadapi tahun politik baik dengan pihak keamanan dan penyelanggara pemilu.

“Sudah ditetapkan pada APBD tahun 2023 untuk anggaran tahapan Pemulu, Pilkada dan Pilpres untuk KPU dan Bawaslu Sultra. Memang masih sedikit karena anggaran yang dibutuhkan pada tahun 2023 belum terlalu besar. Nanti ada APBD di perubahan akan ditambahkan lagi karena untuk tahun 2024 ini penganggarannya dua tahap yakni tahun 2023 dan 2024,” kata Syahruddin, Selasa (20/12/22).

Baca Juga : Melaut Sejak Senin, Dua Nelayan Asal Kolut Belum Ada Kabar Sampai Hari Ini

Ia menyebut, khusus tahun 2023 anggaran KPU sebesar Rp 5 miliar dan Bawaslu Rp 1 miliar. Ditanya soal perubahan nilai anggaran, Syahruddin mengaku akan menyesuaikan sesuai kebutuhan yang diperlukan.

“Tahun 2024 itu akan diberikan sisa anggaran keseluruhan baik reguler mapun perubahan pada tahun 2023. Sebab pihak KPU dan Bawaslu mengajukan anggaran keseluruhan 2024 sekitar Rp270 miliar untuk KPU sementara Bawaslu Rp50 miliar, Ini sudah masuk tiga tahap yakni Pemilu, Pilkada dan Pilpres. Dana ini apakah bertambah dan berkurang tergantung review Inspektorat dan BPK-P Sultra,” katanya.

Reporter : Rahmat R.

Facebook : Mediakendari