NEWS

Ketua Asosiasi Kopi Ekspor Indonesia, Irwan: Kopi asal Sultra di Kirim ke Eropa

480
×

Ketua Asosiasi Kopi Ekspor Indonesia, Irwan: Kopi asal Sultra di Kirim ke Eropa

Sebarkan artikel ini
Tampak Ketua Asosiasi Kopi Ekspor Indonesia, Irwan saat bincang bersama Ketua DPD PDIP Sultra, Lukman Abunawas

KENDARI – Ketua Asosiasi Kopi Ekspor Indonesia, Irwan mengatakan untuk saat ini Asosiasi Kopi Indonesia sementara fokus pengiriman ke Eropa utamanya Spanyol, karena kami penggerak dari hulunya.

“Untuk itu kami mengajak seluruh masyarakat Indonesia. Kalau kita berbicara mengenai masuk kopi pada awal tahun 76 pertama-tama datang di Maluku dan di bawah oleh VOC,” jelasnya Jumat Malam 2022.

Lanjut Irwan menerangkan kemudian di tanam di tanah Maluku dan alhasil tumbuh dengan subur dan bibit dari Maluku ini terus tersebar di daerah kita hingga sampai di Sultra ini.

“Terkhusus merujuk pada tersebarnya kopi di daerah kita ini, yang paling banyak dulu itu di Muna. Dan menjadi ikon kopi di Sultra, namun ketika datang pak Al Ala kopi ini dikonpresi di tanaman cacao (coklat,” imbuhnya.

Irwan juga menyebutkan akhirnya kemudian kopi-kopi yang ada di Sultra ini sampai hari ini bisa di anggap menghilang.

Baca Juga : Group Band Tipe-X Bakal Ramaikan Penutupan Pameran Pembangunan HUT Sultra Baubau

“Jadi terinisiasi dari pengusaha kopi nasional maka terbentuklah Asosiasi Kopi Ekspor Indonesia. Mengapa karena melihat masyarakat indonesia ini dominan peminum kopi, dan sampai hari ini istilah ngetrennya ngopi nggak ada ngeteh,” ujarnya.Selanjutnya Irwan menuturkan kopi ini sudah sangat mirip dengan kebutuhan pokok untuk masyarakat Indonesia, misalkan seseorang kehabisan beras atau paket data maka akan stress atau pusing.

“Sehingga melihat ini semua terkhus di Sultra bisa menghabiskan 4,5 ton perhari yang mana kopi yang kita minum atau nikmati ini tidak ada yang menghasilkan dari Sultra kecuali dari Jawa, Maluku dan Toraja,” imbuhnya.

“Sehingga saya ingin mengajak masyarakat Sultra untuk dari hulunya menstimulasi pemda untuk memajukan lagi budaya kopi ini,” pungkasnya.Sebagai informasi Irwan turut hadir di acara Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang mengadakan kegiatan Festival Kopi Tanah Air di Pelataran Tugu Religi (eks MTQ) Kendari pada Jumat 27 Mei 2022.

 

Reporter : Sardin.D

You cannot copy content of this page