NEWS

Komunitas Kreatif se-Sultra Coba Pamerkan Hasil Produknya

500
×

Komunitas Kreatif se-Sultra Coba Pamerkan Hasil Produknya

Sebarkan artikel ini
Foto bersama usai pembukaan kegiatan

KENDARI – Komunitas Kreatif se-Sulawesi Tenggara (Sultra) mencoba memamerkan hasil produk kreatifitasnya melalui kegiatan pekan produk unggulan ekonomi kreatif, Kamis malam 09 Desember 2021.

Kegiatan ini melibatkan 17 komunitas kreatif Sultra, ekonomi kreatif, komunitas kuliner Kota Kendari, Ekplore Sultra, wibu, perhindo, dan komunitas pecinta satwa bersama-sama Dinas Pariwisata Sultra yang turut memberi dukungan.

Ketua panitia kegiatan, Suhartono Saputra mengatakan Sultra bisa dapat jauh lebih berkembang bila adanya komunikasi yang dibangun dengan baik antara komunitas-komunitas dan dinas terkait dengan jalan secara beriringan dalam membanngun suatu daerah.

“Ini adalah momentum untuk komunitas bisa membangun komunikasi yang baik dengan dinas pariwisata dan menunjukan lewat Komunitas juga suatu daerah bisa maju,” ungkap Suhartono.

Ia menerangkan panitia telah menyediakan stand yang diisi untuk beberapa daerah yang sempat hadir mengikuti kegiatan dengan diisi berbagai macam produk baik dari kuliner maupun non lokal.

“Untuk stand khusus sebenarnya kita menyediakan 17 stand untuk dari 17 kabupaten kota. Hanya saja karena ada kendala waktu dan cuaca jadi hanya ada beberapa yang hadir. Tapi untuk keseluruhan stand yang ada pada malam ini sekitar kurang lebih 30 stand,” katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas pariwisata Sultra, La Ode Saifuddi menjelaskan kegiatan ini bisa menjadi pendorong dalam kemajuan pendapatan ekonomi di daerah dengan melahirkan inovasi baru dan kreatifitas yang dimiliki.

“Kegiatan ini bisa menjadikan sebagai faktor dan pendorong utama di dalamnnya dengan nilai-nilai yang terkandung di dalam seni, budaya, tradisi dan Kearifan lokal yang kita miliki,” ucap La Ode Saifuddi dalam sambutannya saat membuka kegiatan.

Ia menyebut, Sultra saat ini memiliki potensi yang sangat besar dalam pengembangan ekonomi kreatif. Pasalnya, dari jumlah 17 Kabupaten/Kota yang tersebar baik daratan maupun kepulauan yang masing-masing memiliki wilayah dengan ciri khasnya masing-masing.

Saifuddin berharap dari kegiatan ini dapat membuka lapangan pekerjaan di masyarakat untuk menggurangi angka penggangguran.

Sebagai informasi, kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari mulai 09 sampai 11 Desember 2021 dengan rangkaian agenda didalamnya seperti local band performance, food bazaar, cultural fashion show, community showcase, live mural, stand up comedy, creative talkshow dan pada malam puncak akan diadakan sharing season antara komunitas dan dinas terkait untuk mendapat kesimpulan sebagai langkah kedepan untuk memajukan Sultra.

 

Penulis : Muhammad Ismail

You cannot copy content of this page