Korban Kebakaran di TPA Puuwatu Akan Dibangunkan Rumah Permanen dan Jadi Hak Milik

NEWS225 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menegaskan, korban kebakaran di TPA Puuwatu akan dibangunkan rumah permanen.

Hal tersebut dipastikan setelah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil memperjuangkan bantuan rumah permanen tersebut.

Kepala Dinsos Sultra, M. Efendi Patulak menuturkan, dana bantuan rumah permanen dari Kementrian Sosial (Kemensos) yang dikucurkan sebesar Rp 4 miliar lebih.

Baca Juga : 40 Ribu Mahasiwa UHO Akan Pilih Ketua dan Wakil BEM, DPM dan MPM, Berikut Tata Cara E-Voting PEMIRA

Menurutnya, pembangunan rumah tersebut nantinya akan dilakukan secara swadaya atau melibatkan masyakarat di sekitar lokasi pembangunan.

“Memang ini wilayah Pemkot Kendari tetapi pengurusan ini full diurus Pemprov Sultra yakni kami Dinas Sosial,” kata M. Efendi Patulak, Rabu (14/12/22).

Dijelaskannya juga, dari total dana bantuan Rp 4 miliar lebih tersebut, akan digunakan untuk mendanai pembanunan 26 unit rumah permanen serta fasilitas lainnya.

Baca Juga : Gandeng TNI/Polri, BLUD RS Konawe Bakti Sosial di Routa

“Banyak fasilitas yang dibangun ada air bersih, jalan setapak dan dibantu alat cetak batako jadi cetak sendiri batako di sana,” terang Efendi.

Efendi juga menegaskan, jika rumah bantuan yang akan dibangun tersebut, nantinya akan menjadi hak milik para korban kebakaran di TPA Puuwatu.

“Kita harap masyarakat bisa menempati rumah yang layak, karena sebelumnya mereka hanya tinggal di rumah semi permanen. Uangnya baru cair ke Pemkot Kendari dan Januari 2023 akan dimulai pembangunan rumah tersebut,” tutupnya.

Reporter : Rahmat R.

Facebook : Mediakendari