KOLAKA TIMURPOLITIK

KPU Koltim Siapkan TPS Ramah Bagi Pemilih Disabilitas

646
×

KPU Koltim Siapkan TPS Ramah Bagi Pemilih Disabilitas

Sebarkan artikel ini
Ketua Devisi Perencanaan Data dan informasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka Tim Sutomo S.pd M.pd Saat Menghadiri Bincang Kita MekTv.

Reporter : Haris Anda Dinata

KENDARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) akan merancang persiapan tempat pemungutan suara (TPS) ramah bagi pemilih disabilitas di daerah itu.

“Kami merancang TPS ramah terhadap pemilih disabilitas sehingga mereka terakomodir bisa menggunakan hak pilihnya di setiap momen pemilihan,” ungkap Komisioner Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Koltim, Sutomo saat menghadiri Bincang Kita Mek.Tv, Rabu, 25 November 2020.

Kata dia, saat ini pihaknya tengah melakukan pemutahiran data pemilih penyandang disabilitas.

Ia menyebut, terdapat 234 penyandang disabilitas yang tercatat masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) KPU Koltim. Jumlah itu sudah termasuk semua kategori disabilitas baik fisik, mental, intelektual hingga sensorik.

“Penyandang disabilitas kurang lebih dari 0,27 persen pemilih yang ada di Kolaka Timur itu tersebar di 12 Kecamatan dari total 83.984 ribu pemilih,” terangnya.

Ia menjelaskan untuk mensosialisasikan tahapan Pilkada ke penyandang disabilitas pihaknya telah merekrut relawan untuk membantu kerja KPU Koltim.

“Dari pihak penyandang disabilitas yang mengalami gangguan yang amat parah bisa menggunakan Pendamping. Khusunya untuk mendampingi disabilitas tentu keluarganya yang bisa ditunjuk dan petugas KPPS,” tandasnya.

Ia menambahkan Pilkada di Koltim tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran Pemerintah. (3).

You cannot copy content of this page