oleh

KPU Konkep Temukan 12.163 Surat Suara Pemilu 2019 Rusak

Reporter : Ajad Sudrajad

Editor : Def

LANGARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Sulawesi Tenggara (Sultra) telah usai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara yang bakal digunakan pada Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April mendatang.

Baca Juga :

Dari hasil sortir dan pelipatan surat suara pemilu 2019, yang dilaksanakan sejak dari tanggal 7-11 Maret lalu, ditemukan sebanyak 12.163 lembar surat suara dinyatakan rusak oleh KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Konkep.

Ketua KPU Konkep Iskandar membenarkan adanya sejunlah suarat suara pemilu yang rusak. Kata dia, ada beberapa indikator kerusakan surat suara tersebut. Pertama adanya degradasi warna surat suara antara surat suara DPRD Kabupaten/Kota dengan DPRD Provinsi.

“Degradasi yang dimaksud yakni tidak sesuainya spesifikasi warna yang sudah ditetapkan oleh KPU RI, yang kedua, kita juga menemukan surat suara berlubang seperti tertusuk jarum. Kemudian yang ketiga pihaknya juga menemukan surat suara kusut hingga robek,” terangnya saat dikonfirmasi Mediakendari.com, di ruang kerjanya, Rabu (20/3/2019).

Adapun lembaran surat suara, lanjutnya, yang banyak mengalami kerusakan berada pada jenis lembaran surat suara Dewan Pewakilan Rakyat Daerah (DPRD). dimana angka kerusakan surat suaranya mencapai 11.753 lembar.

Baca Juga :

“Selain banyaknya surat suara yang rusak kita juga menemukan adanya kekurangan surat suara sebanyak 12.674 lembar yang terbagi dari 5 lembaran surat suara,” urainya.

Iskandar menambahkan, pihaknya bersama Bawaslu Konkep telah membuatkan berita acara terkait temuan kerusakan surat suara dan telah ditembuskan pada Biro Logistik KPU RI dan KPU Provinsi. (A)


Terkini