KONAWE SELATAN

Kunjungi TNRAW, Wamen LHK Minta Warga Sekitar Diberdayakan

410
×

Kunjungi TNRAW, Wamen LHK Minta Warga Sekitar Diberdayakan

Sebarkan artikel ini
Kunjungan Wakil mentri LHK Drs. Alur Dohong Msc.Phd, di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai didampingi Plt. Bupati Konsel DR. Arsalim Arifin

Reporter : Erlin

ANDOOLO – Wakil Menteri (Wamen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Alue Dohong meminta agar masyarakat sekitar Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TNRAW) diberdayakan.

Hal itu disampaikan Alue Dohong dalam kunjunganya ke TNRAW, Jum’at 13 November 2020 didampingi Plt Bupati Konsel Dr Arsalim Arifin serta sejumlah penjabat terkait.

Menurutnya, Balai TNRAW harus merangkul dan memberdayakan masyarakat sekitar untuk turut melestarikan TN melalui program kemitraan konservasi dan pemanfaatan potensi wisata.

“TNRAW memiliki potensi wisata yang besar, dengan keanekaragaman dan keunikannya tentu menarik wisatawan, jadi masyarakat bisa berpenghasilan dari ekowisata ini sekaligus bertanggung jawab menjaganya,” kata Alue.

Sementara itu, Plt Bupati Konsel Dr Arsalim Arifin menuturkan, jika dirinya mengapresiasi kunjungan dan perhatian serta sinergitas yang terbangun dengan Kementrian LHK.

Diungkapkannya, sinergi yang terjalin beberapa tahun ini berdampak signifikan terhadap pelestarian ekosistem taman, juga peningkatan ekonomi masyarakat sekitarnya.

“Terima kasih dukungan Kemen LHK dalam menjaga TN seluas 105.194 hektare ini, karena berdampak nyata bagi pelestarian ekosistem dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Arsalim.

Mantan Kepala Bappeda Konsel menyebut, sejak tahun 2017 – 2020 Pemda Konsel telah menjalankan kemitraan konservasi dan pemberdayaan masyarakat melalui Balai TN-RAW.

“Diantaranya pengembangan atau pengusahaan wisata alam, penangkaran satwa, industri farmasi dan kosmetik, budidaya tumbuhan, pemanfaatan potensi hidrologis, pendidikan, litbang dan penerapan lptek,” ujarnya.

Dalam kunjunganya ini, Wamen LHK, Alue Dohong menyempatkan diri untuk melihat lokasi pengembangbiakan Rusa Timor dan meninjau kondisi hutan mangrove.

Turut dilaksanakan juga penanaman pohon bersama Plt Bupati Konsel Dr Arsalim Arifin dan Dirjen PPI, Staf Ahli Menteri, Direktur Kemitraan Perhutanan Sosial dan Kepala Balai lingkup UPT KLHK se-Sulawesi.

You cannot copy content of this page