NEWS

LPP FBDH Gandeng UHO Tingkatkan SDM 

691
×

LPP FBDH Gandeng UHO Tingkatkan SDM 

Sebarkan artikel ini
Tampak Rektor UHO Kendari, Prof Muhammad Zamrun Firihu bersama Ketua umum LPP-FBDH, KPA Citropanuwun Al Abdussalam Aziz foto bersama seusai penanda tanganan MoU

KENDARI – Lembaga Pengelola Proyek Forum Budaya Dunia Heritages (LPP FBDH) menggandeng Universitas Halu Oleo (UHO) dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui perguruan tinggi.

Hal itu ditandai dengan penanda tanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang digelar disalah satu hotel yang ada di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Rabu, 23 Maret 2022

Rektor UHO Kendari, Muhammad Zamrun Firihu mengatakan tiga poin utama dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat, dapat dipergunakan untuk mendampingi maupu pengajaran baik melalui pelatihan ataupun sosialisasi.

“Sebuah proyek penerangan menggunakan tenaga Surya dan kita akan melakukan pendampingan serta pengajaran, baik melalui pelatihan ataupun sosialisasi,” ujarnya.

Baca Juga : KPK Ajak Seluruh Pemangku Kepentingan di Sultra Kolaborasi Cegah Korupsi 

Sebab menurutnya, dari tenaga Surya membutuhkan maintenance dan lain sebagainya, sehingga dibutuhkannya pemahaman lebih kepada masyarakat.

“Berarti kita nanti melakukan pengabdian bagi masyarakat bagaimana untuk merawat dan mengelola sel Surya, kemudian kita akan turun tangan untuk pendampingan proses audit dan lain sebagainya,” jelasnya

Lanjut, dengan proyek penerangan tersebut ia berharap, agar bagaimana pemberdayaan masyarakat bisa dilakukan, terutama di daerah pesisir.

Baca Juga : Jelang Ramadhan, Beberapa Bahan Pokok di Pasar Tradisional Naik Harganya

“Karena seperti yang kita ketahui saat ini, tidak semua wilayah listrik,” ucapnya.

Ditempat sama, Ketua umum LPP-FBDH, KPA Citropanuwun Al Abdussalam Aziz mengatakan MoU tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas sumber daya energi listrik terbarukan.

Tidak lain untuk meningkatkan SDM dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Yakni melalui, pendidikan, pelatihan, dan pengabdian kepada masyarakat agar tercapai daya guna dan hasil guna, sesuai harapan kita semua,” pungkasnya.

 

Penulis : Muhammad Ismail

You cannot copy content of this page