NEWS

Luncuran Kalender Event, Dispar Sultra Target 6,6 Juta Wisatawan Kunjungi Bumi Anoa

777
×

Luncuran Kalender Event, Dispar Sultra Target 6,6 Juta Wisatawan Kunjungi Bumi Anoa

Sebarkan artikel ini
Luncuran Kalender Event, Dispar Sultra Target 6,6 Juta Wisatawan Kunjungi Bumi Anoa

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melaunching Kalender Event Sultra Tahun 2023 di The Park Mall, Minggu (5 Maret 2023) malam.

Peluncuran ini dimeriahkan artis dangdut kondang tanah air jebolan panggung D’academy 3, Sarah, yang berasal dari Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

Peluncuran kalender event ini merupakan bagian dari upaya Dispar Sultra untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI/BBWI).

Secara nasional Gernas BBI/BBWI ditarget untuk meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara, yang ditarget sebanyak 6,6 juta kunjungan ke Sultra dalam kurun setahun ini.

Kepala Dinas Pariwisata Sultra Belli Tombili mengungkapkan, Kalender Event Sultra Tahun 2023 merupakan agenda penting dalam mendorong perkembangan pariwisata Sultra.

“Pada prinsipnya, kalender even provinsi merupakan himpunan event-event yang dihimpun dari berbagai kabupaten/kota di Sultra,” kata Belli dalam keterangannya,Sabtu (4 Maret 2023).

Menurutnya, dengan adanya kalender event, para pelaku industri kepariwisataan akan sedini mungkin mempersiapkan diri menyambut event-event yang akan diselenggarakan.

Misalnya, hotel sudah dapat mempersiapkan paket-paket khusus di setiap momen event yang ada dan para tour operator juga bisa mengemas paket-paket tour semenarik mungkin.

“Jadi intinya, kalender event ini semacam panduan bagi para wisatawan maupun pelaku industri pariwisata untuk mengetahui jadwal-jadwal event yang diselenggarakan di Sultra,” jelas Belli.

Ia juga menjelaskan, kalender event sesungguhnya bukanlah kegiatan milik Pemerintah Provinsi Sultra semata. Melainkan milik seluruh pemangku kepentingan terkait.

“Termasuk kabupaten kota karena pelaksanaan kegiatannya tersebar di 17 kabupaten/kota se-Sultra,” jelas Belli.

Mantan Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Sultra ini juga mengungkapkan, setidaknya terdapat 72 event yang dilaksanakan di Sultra di sepanjang tahun 2023.

“Adapun rinciannya, 21 event provinsi, 45 event kabupaten/kota, dan enam event yang dilaksanakan oleh pihak swasta,” terangnya.

Belli menegaskan, peluncuran kalender event provinsi merupakan yang pertama kali dilaksanakan. Agenda ini merupakan bagian yang tidak terlepas dari peluncuran kalender event nasional.

“Peluncuran kalender event nasional telah dilaksanakan sejak tahun 2021 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” ungkap Belli.

Kegiatan launching kalender event provinsi ini dihadiri para kepala dinas pariwisata kabupaten/kota, para pelaku dan asosiasi industri kepariwisataan.

Selain itu, turut hadir juga pimpinan asosiasi media massa, para wartawan, termasuk dari Bank Indonesia Sultra, dan dibuka langsung Sekretaris Daerah Sultra Asrun Lio.

You cannot copy content of this page