oleh

Mahasiswa Diedukasi Cinta Bangga Paham Rupiah

 

Reporter: Nina Piratnasari

KENDARI – Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) memberikan edukasi cinta bangga paham rupiah kepada mahasiswa di Aula Fakultas Hukum Universitas Halu Oleo (UHO) pada Kamis, 22 April 2021.

Pelaksana Senior Unit Pengelolaan Uang Rupiah BI Sultra, Hendra Kadir mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah agar meningkatkan rasa cinta kepada rupiah karena merupakan simbol kedaulatan bangsa, alat pemersatu bangsa, serta alat pembayaran yang sah.

“Kita harus bangga karena rupiah ini sebagai simbol kedaulatan negara dan pemersatu bangsa. Artinya kita terdiri dari berbagai suku dan budaya, kita semuanya satu, menerima rupiah sebagai alat pembayaran yang sah,” katanya.

Ia juga menjelaskan, jika edukasi mengenai uang rupiah tidak hanya dilakukan di hari ini saja, tetapi akan dilakukan secara bertahap ke beberapa perguruan tinggi di Sultra.

“Setelah UHO, kedua IAIN, ketiga STIE66. Selanjutnya setelah Ramadan ini kita akan lakukan lebih intens lagi dengan memberikan edukasi ke sekolah-sekolah menengah hingga ke instansi-instansi”, jelasnya.

Selain itu, Hendra juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar merawat uang rupiah dengan 5J, yakni jangan distapler, jangan dicoret, jangan dilipat, jangan diremas, dan jangan dibasahi.

“Kita harus paham akan penggunaan uang rupiah, misalnya bertransaksi dengan menggunakan uang logam dan tidak malu untuk berbelanja dengan uang logam serta sebisanya uang rupiah kita pakai untuk mendukung UMKM,” tambahnya.

Ia berharap setelah kegiatan hari ini, peserta yang hadir dapat membagikan serta menyampaikan kepada mahasiwa-mahasiswa lainnya. (C)

Terkini