oleh

Mahasiswa KKN Tematik UHO Inovasi Pemulihan Ekonomi Pesisir

-NEWS-202 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Pasca Pandemi Covid-19 yang mengakibatkan penurunan aktivitas perekonomian masyarakat tak hanya di dunia, tetapi juga di Indonesia termasuk di Sulawesi Tenggara. Penurunan aktivitas masyarakat yang berdampak pada ekonomi juga dirasakan masyarakat pesisir termasuk bagi perempuan yang berdomisili di wilayah pesisir.

Adalah mahasiswa Kuliah Kerja Nyata(KKN) tematik Universitas Halu Oleo memberikan pemahaman kepada perempuan pesisir untuk memanfaatkan produk wisata yang dapat dijadikan sebagai salah satu cara atau strategi dalam pemulihan ekonomi pasca Pandemi Covid-19.

Baca Juga : Puluhan Siswa di Muna Keracunan Massal Usai Makan Nasi Kuning

Ketua Tim Pelaksana KKN Tematik UHO 2022, Harnina Ridwan mengatakan metode yang digunakan dalam melaksanakan Inovasi Pemulihan Ekonomi Perempuan Pesisir Berbasis Produk Wisata Lokal di Desa Sawapudo Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe menggunakan metode ceramah dan sosialisasi kepada perempuan yang tiggal di daerah pesisir terkait pemanfaatan produk wisata lokal untuk meningkatkan perekonomian mereka.

”Kami bersama mahasiswa KKN melakukan sosialisasi untuk meningkatkan ekonomi mereka, apalagi pasca pandemi yang memang ekonomi lagi susah,” ujarnya.

Baca Juga : Rencanakan Naikkan TPP ASN, Pemkot Ajak ASN Kota Kendari Bayar Zakat Melalui Baznas

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi ini menjelaskan hasil kegiatan setelah diadakan diskusi dan sosialisasi kepada perempuan di daerah pesisir Desa Sawapudo tentang Inovasi Pemulihan Ekonomi Perempuan Pesisir Berbasis Produk Wisata Lokal, masyarakat yang menghadiri sosialisasi memahami materi yang diberikan terkait dengan produk-produk wisata lokal di Desa Sawapudo yang dapat dipasarkan baik secara offline melalui pembuatan poster maupun secara online melalui media sosial.

“Kami juga memberikan edukasi kepada perempuan pesisir untuk mempromosikan hasil produk mereka melalui media sosial,” pungkasnya. (Adm).

Facebook : Mediakendari