oleh

Maknai Isra Miraj, Kanwil Kemenag Sultra Ajak Umat Tampilkan Wajah Islam yang Sejuk dan Toleran

-NEWS-11 dibaca

Reporter: Ardan

KENDARI – Jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memperingati Isra Miraj di Masjid Amal Bhakti Kanwil Kemenag Sultra, Jumat, sore, 12 Maret 2021.

Peringatan bertema ‘Membangun Moderasi Beragama Menuju Sultra yang Aman, Sejahtera dan Bermartabat’ ini digelar bersama Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kanwil Kemenag Sultra.

 

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sultra, Fesal Musaad mengajak umat Islam untuk memaknai peringatan isra miraj dengan menampilkan wajah Islam yang moderat, sejuk, toleran, serta berkarakter.

“Umat Islam harus menjadi umat moderat dalam segala hal baik cara berpikir, bersikap maupun bertindak, termasuk dalam beribadah,” kata Fesal Musaad dalam sambutannya.

Menurutnya, umat yang dibangun Rasulullah SAW adalah umat yang moderat sesuai penegasan Allah SWT. Sehingga, Islam menjadi agama agama yang memberikan rahmat bagi semesta alam.

“Rasulullah adalah sosok moderat dan bijaksana, yang mampu membentuk masyarakat madani yang sejahtera, aman dan damai. Senantiasa mengembangkan toleransi dan menciptakan keadilan,” terangnya.

Dijelaskannya, konsep moderasi beragama berlaku bagi semua umat manusia. Moderat yang dimaksud adalah dalam pemahaman, sikap dan perilaku dalam menjalankan keberagamaanya.

Ia juga menyebut terdapat tiga pesan moral yang bisa dimaknai dari peringatan Isra Mi’raj, pertama, bagaimana memelihara hubungan yang baik dengan sesama umat manusia.

“Kedua, memelihara hubungan yang baik dengan Allah SWT.  Ketiga, senantiasa meyakini kebesaran Allah SWT,” pungkasnya.

Untuk informasi, peringatan ini turut dihadiri Ketua DWP Kanwil Kemenag Sultra, Djenabun Fesal Musaad, Ketua MUI Sultra, KH. Mursyidin, pejabat dan ASN serta pengurus DWP lingkup Kanwil Kemenag Sultra. /ADV

Terkini