oleh

Masjid Al Ikhlas Mubar Laksanakan Shalat Idul Adha di Hari Sabtu

-NEWS-195 dibaca

MUNA BARAT, MEDIAKENDARI.COM – Salah satu masjid di Kabupaten Muna Barat yang terletak di Desa Sidamangura, Kecamatan Kusambi, Kabupaten Muna Barat (Mubar) Masjid Al-Ikhlas menggelar salat Idul Adha 1443 hijiriah hari ini, Sabtu (9/07/22)

Sementara puluhan masjid lainnya yang ada di Mubar bakal menggelar salat Idul Adha, Minggu (10/07/22) besok.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Muna Barat, Adnan Saufi saat dihubungi awak media ini mengatakan dirinya belum mengetahui adanya masjid yang melaksanakan sholat idul adha pada hari sabtu ini.

Baca Juga : Gadis di Konsel Jadi Korban Nafsu Birahi Ayah Tirinya Sejak Kelas 6 SD

“Tidak ada yang melapor mengenai pelaksanaan shalat Idul Adha pada hari sabtu ini,” ujar Adnan Saufi, Sabtu, (09/07/22).

Kendati demikian ia memastikan 0uluhan masjid lainnya yang ada di daerah itu bakal menggelar salat Idul Adha pada tanggal 10 Juli 2022.

Adnan Saufi menjelaskan, perbedaan pendapat terkait waktu pelaksanaan salat Idul Adha antara tanggal 9 dan tanggal 10 Juli 2022 merupakan hal biasa dan tidak perlu dibesar-besarkan.

“Perbedaan tersebut disebabkan sudut pandang berbeda terkait matla’ atau daerah tempat terbit matahari, terbit fajar maupun terbit bulan. Indonesia dan Arab Saudi memiliki selisih 4 jam,” terangnya.

Baca Juga : Ratusan Jamaah Muhammadiyah, di Konsel Laksanakan Sholat Idul Adha Mesjid Al-Hikmah

Diskonfirmasi terpisah, Kabag Kesra Setda Muna Barat, Karimu mengatakan, perbedaan penetapan waktu sholat Idul Adha itu merupakan hal yang biasa.

“Karena yang macam itu sesuai keyakinan masing masing dan punya landasan tersendiri dan sedangkan kita bagian dari pemerintah, seharusnya mengikuti pemerintah,” terangnya.

Pada pelaksanaan shalat idul adha di Masjid Al Iklas Desa Sidamangura bertindak sebagai imam yaitu Ustadz Khairul dan Khotib Ustadz Abu Royan.

 

Reporter : Wa Irna