Melalui Dinas Kominfo, Pemda Buton Tengah Gelar Sosialisasi Penerapan TTE dan Launching Aplikasi E-Office

NEWS855 dibaca

MEDIAKENDARI.COM, BUTON TENGAH – Pemerintah kabupaten buton tengah, melalui dinas komunikasi informatika statistik dan persandian (Kominfo) menggelar sosialisasi penerapan tanda tangan elektronik (TTE) dan launching aplikasi e-office pada layanan administrasi pemerintahan, di salah satu gedung di Kecamatan Lakudo, Kamis (20/10/2022).

Sosialisasi tersebut dibuka oleh sekretaris daerah (Sekda) kabupaten buton tengah, Kostantinus Bukide, SH, M.Si yang mewakili penjabat bupati tengah, dan diikuti seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), camat se-Kabupaten buton tengah, serta kepala balai sertifikasi elektronik badan siber dan sandi negara, di wakili oleh, Faizan Aditya, S.Tr.Tp.M T.I, pejabat eselon III dan IV serta staf lingkup pemkab buton tengah.

Dalam sambutannya, sekda buton tengah mengatakan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini, telah terjadi perubahan yang mendasar dalam aspek budaya kerja dan tata kelola pemerintahan.

“Saya mengapresiasi dan menyambut positif kegiatan sosialisasi tanda tangan elektronik (TTE) dan launching aplikasi e-office” kata Kostantinus Bukide.

Hal ini, lanjut mantan kadis sosial kabupaten buton selatan (Busel) ini, merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam upaya kita semua untuk menaikan nilai sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) kabupaten buton tengah, dimana pada tahun 2021 indeks nilai SPBE kabupaten buton tengah masuk dalam katagori cukup dengan peringkat 3 (tiga) dari 17 kabupaten/kota se- Sulawesi Tenggara.

Oleh sebab itu lanjut Sekda, melalui aplikasi e- office yang merupakan hasil kerjasama pemkab buton tengah dan pemkab Sumedang dapat diaplikasikan dan dimanfaatkan sebesar – besarnya untuk meningkatkan kinerja aparatur dan pelayanan publik.

“Melalui momentum ini, saya atas nama pemerintah kabupaten buton tengah, menaruh harapan kepada pihak balai sertifikasi elektronik badan siber dan sandi negara untuk memberikan dukungan penuh, dalam hal identifiksi kebutuhan dan percepatan proses integrasi aplikasi sehingga tidak terlalu lama tanda tangan elektronik dapat digunakan, khususnya dalam hal administrasi surat menyurat” ucap Sekda.

Sementara itu, kepala dinas komunikasi informatika statistik dan persandian kabupaten buton tengah, Laode Darmawan Hibali, S.STP, M.Si, mengungkapkan bahwa penggunaan tanda tangan elektronik (TTE) dalam waktu dekat.

“Kami akan ajukan untuk mendapatkan sertifikasi ke balai sertifikasi elektronik (BSrR) yang merupakan unit pelaksana teknis di badan siber dan sandi negara (BSSN), saya berharap tahun depan TTE sudah dapat di gunakan, sehingga SPBE lebih mengefiensikan kinerja pemerintah dan dapat di implementasikan dengan syarat, mulai sekarang membiasakan diri dengan menu dalam aplikasi e-office seperti absensi dan lembar kerja harian secara elektronik, mulai dari level pimpinan sampai dengan staf” kata Kadis Kominfo.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan penyampaian 2 (dua) pemateri, yang menghadirkan | narasumber dari balai sertifikasi elektronik (BSrR) badan siber dan sandi negara (BSSN) pusat, Faizan Aditya, S. Tr. TP.M.T.I serta narasumber lokal, Muzayar Mahbud, ST, staf IT dinas kominfo buton tengah.

Acara berlangsung dengan lancar, diselingi dengan dialog dan tanya jawab antara narasumber dan peserta. Diakhir kegiatan ditutup dengan penyerahan plakat dan cendera mata dari pemkab buton tengah, diwakili oleh kadis kominfo buton tengah dan perwakilan BSrR BSSN. (Redaksi).