KendariKONAWE UTARAMETRO KOTA

2019, Pemkab Konut Siapkan Beasiswa Sebanyak Rp 3,6 Miliar

341
×

2019, Pemkab Konut Siapkan Beasiswa Sebanyak Rp 3,6 Miliar

Sebarkan artikel ini
Bupati Konut, Ir Ruksamin, M.Si,
Bupati Konut, Ir Ruksamin, M.Si,

Reporter: Ruslan

Editor : Indi

KENDARI- Pemerintah Kabupaten Konawe Utara Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan menyiapkan Beasiswa Konasara buat putra putri daerah tahun 2019 mendatang. Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Konut, Ir. Ruksamin, M.Si.

“Untuk dana yang akan disiapkan sebesar Rp 3,6 Miliar yaitu untuk pendidikan D3 berjumlah 150 orang, S1 1.500 orang, untuk S2 96 orang, dan S3 lima orang,” kata Ruksamin kepada Mediakendari.com, Jumat (28/12/2018).

Dikatakannya, untuk pembiayaannya diluar dari 60 orang karena sudah masuk tahun ketiga. Jadi 20 orang pertahunnya pemda kerja sama dengan Universitas Lakidende (Unilaki) dengan kelas khusus agroindustri.

“Jadi mereka hanya tau datang kuliah saja sampai dengan selesai, 60 persen tatap muka dengan dosen dan 40 persennya kembali ke kampung untuk praktek serta penelitian,” ungkapnya.

Selain itu Pemda Konut di tahun 2019 akan mengirimkan 10 orang mahasiswa ke Negeri Tirai Bambu Tiongkok (China) untuk belanjar ilmu kedokteran.

“Untuk dana yang digunakan yakni Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD),” ucapnya.

Ruksamin juga menambahkan, untuk infrastrukturnya khusus guru-guru. Misalnya ada guru yang sertifikasi maupun guru honorer, Pemda Konut juga menyiapkan Rp 6,5 miliar

“Kita akan simpan anggaran buat guru yang sertifikasi maupun guru honorer agar dapat mengembangkan sumberdaya mereka,” jelasnya.

Untuk syarat dan ketentuan agar medapatkan beasiswa, kata Ruksamin pihak pemohon harus memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Konut dan memiliki Kartu Mahasiswa serta masih aktif kuliah. Menunjukkan Kartu hasil studi (KHS) surat pernyataan dari lurah dan camat bahwa ia betul-betul warga Konut.

“Nantinya akan dibentuk tim dari kabupaten yang dibantu oleh himpunan mahasiswa dari masing-masing paguyuban kecamatan untuk melakukan pendataan dengan menanyakan apa betul masih aktif kuliah serta betul warga Konut,” tandasnya. (B)

You cannot copy content of this page