oleh

Minim Fasilitas, Hanya Dua Sekolah di Konawe dari 360 yang Siap Laksanakan UNBK

UNAAHA – Dari total 360 sekolah dari berbagai tingkatan yang akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kabupaten Konawe hanya dua sekolah yang akan melaksanakan UNBK yakni MTs Negeri 1 dan MTs Negeri 2 Konawe.

Kepala Seksi Kurikulum Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Konawe, Muhammad Yamin menyebutkan, 360 sekolah tersebut terdiri dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 66, SMP Luar Biasa (SMPLB) satu sekolah, Madrasah Tsanawiyah (MTs) 19, dan  Sekolah Dasar (SD) 274 sekolah.

“Untuk Konawe hanya MTs N 1 Konawe dan MTs N 2 Konawe yang bisa melaksanakan UNBK,” ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin, (26/3/2018).

Alasan sekolah yang lain belum menggunakan UNBK kata Yamin, dikanernakan minimnya sarana dan prasana sekolah yang tidak memungkinkannnya melaksanakan UNBK.

“Sarana prasarananya belum siap, utamanya server yang belum ada. Kalau masalah peralatan komputer mungkin bisa melalui Laptop peserta sendiri, masalahnya yang belum ada, kalau jaringan siap,” paparnya.

Meski diharuskan pelaksanaan UNBK sebesar 70 persen untuk Tahun 2017/2018, Yamin mengatakan, Tahun 2019 kedepan pelaksanaan UNBK di Kabupaten Konawe akan mencapai 100 persen.

BACA JUGA: Walau Minim Komputer, SMAN 1 Unaaha Tetap Gelar UNBK

“Sebenarnya 2017/2018 ini kan 70 persen harus UNBK, tapi karena masalah peralatan jadi tidak memadai, kalau masalah signal tidak ada masalah, hanya masalah server saja,” ujarnya.

“2019 mungkin sudah bisa 100 persen nanti, karena 2019 kita sudah petakan mulai dari Soropia sampai Routa sana, jadi mungkin kita akan tempatkan ditiap-tiap zona untuk bisa menjangkau semua, pemenuhan server, Insya Allah akan kita usulkan ke Pemerintah Daerah,” tutup Yamin.

Reporter: Arman Tosepu
Editor: Kardin

Terkini