NEWS

Mudahkan Laporan Warga, Polres Muna Bentuk Polisi RW

1222
×

Mudahkan Laporan Warga, Polres Muna Bentuk Polisi RW

Sebarkan artikel ini
Kapolres Muna, AKBP Mulkaifin melaunching pembentukan Polisi RW di Kelurahan Raha III, Kecamatan Katobu. Foto: Erwino.

MUNA, MEDIAKENDARI.COM – Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) melaunching pembentukan Polisi RW yang siap bertugas melayani masyarakat di tiap wilayah Kelurahan tingkat RW.

Kapolres Muna, AKBP Mulkaifin mengatakan, pembentukan Polisi RW merupakan satuan kecil dibawah tingkatan Bhabinkamtibmas yang bertujuan untuk memudahkan segala laporan masyarakat yang enggan bertandang langsung ke Mako Polsek maupun Polres.

Dalam bertugas, Polisi RW akan berkoordinasi dengan Lurah, RT maupun RW untuk mengetahui jumlah masyarakat dalam satu wilayah RW. Nantinya, jika ada gangguan Kamtibmas yang dialami warga, bisa langsung melaporkan ke Polisi RW segera untuk ditindaklanjuti.

“Polisi RW akan berkolaborasi dengan Ketua RW masing-masing. Jadi setiap masalah yang terjadi bisa langsung diketahui,” ujar Kapolres Muna, AKBP Mulkaifin dalam sambutannya saat melaunching pembentukan Polisi RW di Kelurahan Raha III, Kecamatan Katobu, Rabu (3/5).

Baca Juga : Periode Maret 2023, Nilai Ekspor dan Impor di Sultra Alami Kenaikan

Mulkaifin memberi contoh terkait gangguan yang kerap dialami warga pada malam hari, yakni adanya kendaraan lalu-lalang dengan menggunakan knalpot bogar sehingga menggangu kenyamanan. Hal itu, bisa langsung diadukan ke Polisi RW agar segera ditindaki dan cepat diatasi.

“Begitu juga misalnya jika ada masalah lain yang menimbulkan kerawanan, itu bisa langsung ditangani polisi RW untuk diminimalisir dan ditangani cepat,” terangnya.

Pembentukan Polisi RW ini dilakukan di seluruh wilayah hukum Polres Muna yang meliputi Muna dan Muna Barat. Selanjutnya, tiap Kapolsek juga akan langsung membentuk Polisi RW di wilayah kerjanya masing-masing. Penunjukan personil yang menjadi polisi RW, ialah mereka yang memang tinggal di wilayah RW tersebut.

Baca Juga : HUT Sultra ke 95, Iwan Fals Bakal Konser di EKS MTQ Kendari

Untuk itu, Mulkaifin berharap, dengan terbentuknya Polisi RW dapat meminimalisir tingkat kerawanan dan Kamtibmas juga tetap terjaga.

“Inilah fungsi pendekatan kami pada masyarakat. Saya pun bisa menjadi Polisi RW di tempat saya tinggal. Semoga laporan apa saja yang tidak kesampaian, bisa langsung ditangani Polisi RW,” imbuhnya.

Sementara itu, Lurah Raha III, La Ode Hadasi mengaku sangat bersyukur atas terbentuknya Polisi RW. Menurutnya, sejak beberapa tahun terakhir situasi keamanan di wilayah otoritasnya terbilang kondusif. Meski ada sedikit hal-hal yang menimbulkan polemik, namun masih bisa teratasi dengan koordinasi yang baik.

“Selama ini kita dibantu Bhabinkamtibmas. Nah, adanya tambahan bantuan Polisi RW, jelas lebih membantu sekali. Semoga RT/RW tetap solid. Kita akan terus berkoordinasi dengan kepolisian untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan masyarakat,” tukasnya.

Reporter: Erwino

Facebook : Mediakendari.com

You cannot copy content of this page