oleh

Nur Alam Berikan Wejangan Tiga Bupati dan Wakil Bupati Baru di Sultra

-FEATURED-62 dibaca

Nur Alam Berikan Wejangan Tiga Bupati dan Wakil Bupati Baru di Sultra

Suasana Wawancara Nur Alam Dengan Wartawan di Aula Bahteramas Kantor Gubernur Sultra, Senin(22/5/2015)

MEDIAKENDARI.COM – KENDARI, Gubernur Sultra, Nur Alam usai melantik Tiga Bupati dan Wakil Bupati baru,
diantaranya Bupati dan Wakil Muna Barat, Buton Tengah dan Buton selatan, langsung memberikan wejangan( nasehat) menjadi pemimpin daerah yang baik.

Nur Alam mengatakan, perbedaan pandangan dengan DPRD masing -masing daerah sering terjadi. Untuk itu, Bupati dan Wakil Bupati tidak boleh terbawa situasi politik, karena pedoman seorang Kepala Daerah adalah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Bupati harus berpedoman pada RPJMD ketika mengambil keputusan. Dan kemudian juga, janganlah ekspresikan emosi saudara kepada bawahan saudara, kita harus mengakomodir baik itu, yang mendukung maupun yang tidak mendukung kita, agar terjadi harmonisasi yang baik antara staff maupun masyarakat kita,” ujar Nur Alam berpesan kepada Tiga Bupati dan Wakil Bupati yang baru di lantik.

Dikatakannya, kemudian juga, agar nepotisme dapat dikurangi jika perlu dihilangkan. Nepotisme baiknya diarahkan dalam bingkai yang positif dengan mengangkat berdasarkan kemampuan dan asas profesionalitas.

“Jangan gunakan nepotisme untuk hal yang negativ dengan mengangkat keluarga seperti anak, istri, adik, atau ipar untuk mengelilingi kekuasaan kita” pesan Nur Alam lagi.

Selain itu, Nur Alam kembali memingatkan agar bupati jangan selalu mengulang tindakan yang terbawa situasi politik sebelum melakukan pelantikan para pejabat masing-masing daerah sehingga melakukan hukuman kepada birokrasinya dengan menon jobkan mereka secara massal.

Dalam pelantikan tersebut berlangsung sekitar Dua Jam lamanya dengan agenda pengambilan sumpah,penandatanganan pakta integritas,penyematan tanda pangkat dan penyerahan Surat Keputusan (SK) yang oleh Gubernur Sultra kepada Tiga Bupati baru.

Dalam pelantikan Tiga Daerah di Aula Bahteramas, Kantor Gubernur, diamankan sekitar 558 personil Kepolisian Gabungan Polresta Kendari dan Polda Sultra.

Laporan : M. Tonasa

Terkini