oleh

PAD Dishub Konut Tahun 2018 Lampaui Target

Reporter : Mumun
Editor : Kang Upi

WANGGUDU – Penyerapan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tahun 2018 melampaui target yang ditetapkan.

Untuk target PAD sendiri yakni sebesar Rp. 937 juta, sedangkan penerimaanya mampu menembus angka Rp. 1,128 miliar.

Kepala Dinas Perhubungan Konut Aris L mengatakan, faktor yang mendorong pencapaian melebihi target PAD berasal dari retribusi terminal, retribusi angkutan umum dan retribusi pertambangan dalam hal ini pajak tambat labuh.

“Yang terbesar penghasil PAD itu sektor pertambangan pajak tambat labuh. Karena nilainya itu berdasarkan Perda tambang sebesar Rp. 1000 untuk per metrik ton, nah kalau mereka memuat 7500 ton berarti Rp. 7,5 juta. Kemudian ditambah per hari kapal tongkang sandar pajaknya Rp500 ribu, nah kalau sandar tiga hari berarti Rp. 1,5 juta totalnya bisa Rp. 9 juta,” kata Aris L pada mediakendari.com, Selasa (8/1/2019).

Untuk tahun 2019 mendatang, lanjut Mantan Kabid Darat Dishub Konut ini target PAD yang harus dicapainya sebesar Rp. 1,5 miliar. Dan dia pun optimis target tersebut akan dapat dicapainya.

“Kami tetap optimis tahun 2019 ini akan mampu mencapai target Rp. 1,5 miliar, karena tahun lalu kami mampu melewati target yang ada sebesar Rp. 191 juta,” tutupnya. (A)


Terkini