oleh

Pandemi Covid-19 Tidak Goyahkan Eksistensi Pertumbuhan Bank Sultra

Reporter : Ferito Julyadi

KENDARI – Menjelang penghujung 2020 Bank Sultra melalui kegiatan media gathering ‘Morning Banquet’ merilis data kinerja mereka di triwulan III, di salah satu hotel Kota Kendari, Senin 21 Desember 2020.

Dari data tersebut memperlihatkan konsistenan kinerja yang positif sepanjang tahun ini, meski di tengah kondisi buruk akibat pandemi Coronavirus Desease 2019 (Covid-19) Bank Sultra terus maju dan bertumbuh.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Umum (Dirut) sekaligus Pelaksana tugas (Plt) Bank Sultra, Abdul Latif dalam sambutannya yang diwakili oleh Direktur Pemasaran, Hayati Hasan.

“Capaian kinerja ini menunjukkan daya tahan dan fleksibilitas Bank Sultra meski dalam situasi pandemi,” ujarnya.

Lanjutnya, melihat dari catatan kinerja triwulan – III 2020, Bank Sultra secara konsolidasi berhasil memperoleh laba bersih Rp 214.259 Juta selama paruh ketiga tahun 2020 atau tumbuh sebesar 7,61 persen year-on-year (y-o-y).

Hayati juga menuturkan, pertumbuhan laba tersebut pihaknya hasilkan dari total nilai aset Bank Sultra yang juga tumbuh sebesar 11,11 persen y-o-y menjadi Rp 11.114.186 Juta.

Dalam peningkatan asset, dana pihak ketiga Bank Sultra berkontribusi dengan peningkatan yang cukup signifikan yaitu 37,72 persen menjadi Rp 9.359.236 Juta, Penyaluran kredit yang menjadi profit driver pada triwulan-III 2020 tumbuh 5,24 persen y-o-y dengan nilai total Rp 6.805.983 Juta.

“Walaupun tidak dipungkiri lemahnya perekonomian nasional turut berpengaruh atas pertumbuhan kredit Bank Sultra. Namun kami tetap optimis bisa memberikan kontribusi dalam mendukung roda perekonomian Sultra,” ucapnya.

Tidak hanya itu, pertumbuhan kredit ini diiringi dengan terjaganya rasio kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL). Dimana performa NPL Bank Sultra per September 2020 sebesar 1,56 persen, masih dalam kategori sehat dan berada di bawah ketentuan Regulator yang setinggi tingginya adalah 5 persen.

Melalui kegiatan Morning Bangquet ini pula, Bank Sultra juga mengatakan capaian positif tersebut tidak terlepas dari dukungan pemerintah serta masyarakat Sultra yang senantiasa mendukung Bank Sultra sehingga kami tetap dapat konsisiten memberikan layanan terbaik walaupun dalam kondisi perekonomian yang penuh dinamika.

“Alhamdulilah Bank Sultra mampu memanfaatkan momentum penuh tantangan di masa pandemi COVID-19 dengan langkah yang meyakinkan. Pencapaian ini juga dapat memberikan keyakinan positif kepada para masyarakat dan investor terhadap kinerja Bank Sultra di masa yang akan datang,” pungkas Hayati.

Terkini