NEWS

Paripurna HUT Sultra ke-59, Gubernur Ali Mazi Fokuskan Pembahasan Indeks Pembangunan Manusia

667
×

Paripurna HUT Sultra ke-59, Gubernur Ali Mazi Fokuskan Pembahasan Indeks Pembangunan Manusia

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Rapat Paripurna dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ke-59 membahas beberapa isu strategis.

Gubernur Provinsi Sultra, Ali Mazi menyebut beberapa isu strategis itu diantaranya yaitu terkait Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Dimana, nilai IPM tersebut adalah 72,91 persen, masih berada di bawah rata-rata nasional, namun meski demikian IPM terus menunjukkan peningkatan.

“Terkait pembangunan manusia meskipun masih berada di bawah rata-rata nasional namun pembangunan sumberdaya manusia masih menjadi fokus,” ungkap Ali Mazi kemarin.

Selanjutnya, isu strategis lain yaitu terkait dengan inflasi, ketahanan pangan, dan penanggulangan kemiskinan.

“Berdasarkan hal tersebut Pemprov dan kabupaten/kota se-Sultra akan terus berupaya menggiatkan perekonomian daerah agar kembali pulih. Isu lainnya mengenai pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan,” jelas Ali Mazi.

Ia menilai, pertumbuhan ekonomi dan peningkatan infrastruktur tetap harus didorong, melalui transformasi ekonomi pada sektor pariwisata, peningkatan produksi dan produktivitas sektor pertanian.

“Kemudian hilirisasi pertambangan, serta peningkatan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM),” ungkapnya.

Kata dia, khusus tata kelola pemerintahan perlu dilakukan penyesuaian dengan menerapkan sistem berbasis elektronik.

Sehingga, ia berharap semua pihak agar senantiasa memberikan masukan sesuai dengan tugas pokok, utamanya fungsi pengawasan untuk kemajuan daerah.

Untuk diketahui, rapat paripurna dalam rangka rangka HUT Provinsi Sultra ke-59 tahun tersebut dihadiri oleh kepala daerah, DPRD dan Forkopimda.

Reporter: Rahmat R.

You cannot copy content of this page