Patung Pahlawan Oputa Yii Ko adalah Simbol Masyarakat Sultra

NEWS865 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi membeberkan, peletakan batu pertama atau groundbreaking patung pahlawan nasional Oputa Yii Ko atau Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi tak lama lagi dilaksanakan.

“Insya Allah dalam waktu dekat ini. Patung ini sangat penting karena sebagai simbol, bahwa Sulawesi Tenggara memiliki pahlawan nasional,” ungkapnya di Kendari, Senin (12/09/22).

Kata Ali Mazi, pembangunan patung harus disampaikan kepasa publik agar ditahu oleh seluruh masyarakat Indonesia bahwa di Sultra ada pahlawan nasional.

Baca Juga : Soal Pj Wali Kota Kendari, Ali Mazi : Udah Tenang Aja

“Ini kita ekspos supaya ini menjadi perhatian nasional,” jelas Ali Mazi.

Terkait dengan makna khusus, Ketua DPW Nasdem Sultra menjelaskan, pemilihan lokasi patung tersebut di Kotamara Kota Baubau tidak memiliki makna khusus.

“Untuk makna khusus itu tidak ada, beliau (Oputa Yii Ko, red) kebetulan dari sana, tetapi Oputa Yii Ko adalah pahlawan nasional untuk seluruh masyarakat Sultra,” beber Ali Mazi.

Untuk diketahui, patung pahlawan nasional asal Sultra, Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi alias Oputa Yi Koo akan dibangun dengan ketinggian 23 meter. Pemprov Sultra menyiapkan dana sebesar Rp 17 miliar.

Reporter : Rahmat R

Facebook : Mediakendari