oleh

Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Pengembangan Kualitas Karyawan

-OPINI-227 dibaca

Oleh : Satria (Mahasiswa USN Kolaka)

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya teknologi informasidan komunikasi sangatlah pesat. Kemajuan ini tentu saja memberikan pengaruh yang sangat besar didalam kehidupan, termasuk pengelolaan sumber daya di dalam sebuah perusahaan.Sejalan dengan itu, ada beberapa perusahaan telah menerapkan palatihan Sumber Daya Manusia dengan menggunakan teknologi. di dalam kasus pandemi ini, traning berbasis teknologi adalah pilihan yang tepat untuk meningkatkan kualitas karywan di dalam sebuah perusahaan.

Pelatihan karywan merupakan unsur pokok yang harus dilakukan oleh pihak HDR, di karenakan karywan yang memiliki kinerja yang baik akan mengantarkan perusahaan mencapai target/tujuan yang di inginkan.

Sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada zaman modern di awali pada Tahun 1455,Johann Guntenberg menemukan mesin cetak yang menggunakan plat huruf terbuat dari besi dan dapat diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu. dan berakhir pada Tahun 1991 ketika komunitas internet memperkenalkan istilah Word Wide Web(WWW) oleh CERN sampai sekrang ini di gunakan.

Penerapan teknologi dan informasi didalam perusahaan

Perkembangan Teknologi dan komunikasi pada zaman ini sangat memberikan manfaat dan keuntungan dari beberapa aspek kegiatan perusahaan. Penerapan teknologi dan komunikasi untuk membantu membangun kualitas sumber daya karywan adalah hal baru dan masih minim perusahaan yang menggunakan metode ini.

Ada beberapa Kategori teknologi informasi yang di terapkan di dalam sebuah perushaaan.

  1. Aplikasi Teknologi Informasi yang menjadi landasan dari berbagai aplikasi lain yang ada di dalam Perusahaan antara lain sistem operasi, basis data, network management dan lain-lain.
  2. Aplikasi yang sifatnya mendasar (utility) yaitu aplikasi Teknologi Informasi yang dipergunakan untuk berbagai urusan utilisasi sumber daya Perusahaan anatara lain sistem penggajian, sistem akuntansi & keuangan dan lain-lain.
  3. Aplikasi Teknologi Informasi yang sesuai dengan kebutuhan spesifik Perusahaan terutama yang berkaitan dengan proses penciptaan produk/jasa yang ditawarkan Perusahaan antara lain Aplikasi Properti, Aplikasi Forwarding dan Aplikasi Pergudangan.

Namun di dalam artikel ini kita hanya membahas pemanfaatan TIK terkusus dalam kaitannya pengembangan SDM. Ada beberapa Aplikasi penting yang harus perusahaan miliki dalam pengembangan SDM yaitu :

Aplikasi Traning online/virtual

Di sini Pihak perusahaan menyediakan ruang-ruang diskusi dan materi kepada setiap karywaan agar kualitas karywaan dari aspek teoritis bertambah dan semakin inovatif.

Aplikasi Evaluasi Karywan

Di dalam aplikasi ini pihak perusahaan menyediahkan beberapa icon-icon berkenang dengan evalusi kerja setiap karyawan. Hal ini bertujuan untuk mengukur pencapaian karywan dan dapat dijadikan tolak ukur dalam promosi jabatan dan kenaikan gaji.

Situs/WEB Aspirasi

Situs adalah dijadikan wadah untuk menampung aspirasi di dalam sebuah perusahan. Langkah ini sangat baik di ambil untuk masa pandemi ini. di sisi lain manfaat jika adanya situs ini yaitu, tidak terjadinya diskomunikasi, pihak terkait mampu memecahkan masalah dengan sistematik sesuai fakta lapangan, karywan merasa di perhatikan dan keterbukaan informasi internal. Hal ini dapat meningktakan kinerja karywan.

Absensi digital

Absensi digital ini untuk membantu karyawan, agar karywan menjadi disiplin dalam bekerja dan untuk mengetahui data-data yang terjadi di lapangan.

Keuntungan dan kekurangan dalam penerapan TIK

Didalam penerapan teknologi informasi dan komunikasi tentu mempunyai keuntungan dan kekurangan seperti:

  1. keuntungan
  2. Mempermudah interaksi

adanya teknologi ini. karywan dan pemimpin akan lebih mudah melakukan komunikasi,tanpa di halangi oleh lokasi dan tempat.

  1. informasi di ketahui secara luas.

Semua karywan akan lebih mudah mengases informasi kapan saja dan dimana saja,

  1. menghemat biaya.

Seperti yang kita ketahui bahwa di dalam membuat suatu pelatihan ataupun seminar berkaitan dengan SDM, tentunya membutuhkan dana yang lumayan besar. seperti kelengkapan fasilitas,makanan, pemateri dan lain-lain. hadirnya teknologi ini diharapkan dapat memangkas biaya dan pelatihan tetap berjalan .

  1. setiap data lapangan karywan muda di ketahui

hal ini juga merupakan bagian yang di perlukan. Pemimpin tak akan mampu memecahkan masalah dengan baik, jika data rill lapangan tak ada.

  1. kekurangan
  2. Ancaman pencurian data.

Berkembangnnya teknologi tidak menutup kemungkinan keaman akan membaik. Di dalam dunia teknologi ini,ada beberapa orang yang memanfaatkan teknologi untuk melakukan kejahatan untuk kepentingannya sendiri. Hal ini sangat berisiko bagi perusahaan, karna ada informasi yang tak boleh bocor dan di ketahui oleh public.

  1. tidak semua karywan mampu mengakses aplikasi.

jika perusahaan bergerak dibidang TIK, tentu pemakaian aplikasi adalah pilihan terbaik, namun jika perusahaan bukan seperti itu, maka yang akan terjadi sebagian karywan tidak mengakses. Baik itu terkendala di handphone sebagai alat utama, maupun terkendala di jaringan.

  1. menurunnya hubungan emosional antara karywan.

Karna hadirnya teknologi ini membuat karywan lebih cendrung aktiv di internet. Hal ini juga berbahaya karna apabila sesame karywan tidak memiliki hubungan emosional yang baik. Maka kerjasama tim tentu akan berkurang.

 

kesimpulan

Di dalam era teknologi ini, memanfaatkan TIK merupakan pilihan yang sangat tepat. Tidak hanya mempermudah komunikasi, pemanfaatan TIK juga mampu menghemat biaya yang di keluarkan oleh perusahaan, disisi lain berbagai kegiatan di dalam perusahaan terkusus pengembangan kualitas SDM juga bisa memanfaatkan TIK yang sangat muda di akses.

Terkini