BUTON

Pemda Buton Bakal Produksi 10 Ribu Masker

200
×

Pemda Buton Bakal Produksi 10 Ribu Masker

Sebarkan artikel ini
Salah satu penjahit tengan membuat masker berbahan dasar kain. Foto: Adhil/mediakendari.com

Reporter: Adhil

BUTON – Pemerintah Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) berencana memproduksi 10 ribu masker kain, untuk dibagikan secara gratis ke masyarakat di daerah tersebut.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Buton, La Ode Muharram menjelaskan, masker akan diproduksi sesuai standar yang dikeluarkan Dinas Kesehatan.

“Ini perintah langsung Pak Bupati Buton untuk mengantisipasi kelangkaan masker di pasar pasca mewabahnya corona. Masker akan diprioritaskan untuk masyarakat yang bekerja diluar rumah,” terang La Ode Muharram, Rabu 08 April 2020.

Dalam pembuatan masker itu, kata La Ode Muharram, Pemda Buton akan melibatkan sejumlah penjahit di wilayah Kabupaten Buton, yang dinilai memiliki kelayakan lokasi sesuai standar kesehatan.

“Jadi tidak semua tempat jahit kita ajak kerjasama. Kita cek juga, tempatnya higienis atau tidak. Kalau tidak higienis itu kita tolak karena alasan kesehatan,” ungkap La Ode Muharram.

Menurutnya, proses produksi masker ini dilakukan merujuk instruksi nasional untuk penggunaan masker kain karena dinilai efektif dalam pencegahan penularan virus Corona.

“Kita nanti buat masker kain, karena saat ini masker kain secara nasional dianjurkan untuk digunakan karena dinilai cukup efektif mencegah penularan virus Covid 19,” tutupnya.

You cannot copy content of this page