KOLAKANEWS

Pemda Kolaka Targetkan PDAM Jadi Sumber PAD

231
×

Pemda Kolaka Targetkan PDAM Jadi Sumber PAD

Sebarkan artikel ini
Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei (kanan) saat melantik Dirut PDAM Kolaka, Ruslan (kiri) di pelataran Kantor PDAM Kolaka. Jumat 31 Januari 2020 Foto : Ist

Reporter : Taswin Tahang

KOLAKA – Pemerintah Kabupaten Kolaka mentargetkan pengelolaan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) bisa menjadi salah satu sumber pundi-pundi untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Hal itu ditegaskan Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei saat melantik Direktur Utama (Dirut) PDAM Kolaka, Ruslan, Jumat 31 Januari 2020, di Halaman Kantor PDAM Kolaka.

Ahmad Safei menjelaskan, Bumi Mekongga memiliki sumber air yang bagus, jadi PDAM Kolaka harus berupaya agar air tersebut tidak terbuang sia-sia.

“Tidak banyak daerah yang punya sumber air seperti begini, sangat melimpah,” kata Ahmad Safei dihadapan sejumlah pimpinan OPD dan tamu undangan pelantikan Dirut PDAM Kolaka.

Ia juga menjelaskan, saat ini PDAM Kolaka bisa mengalirkan air ke rumah warga sebanyak 200 liter per detik, dengan sistem dan peralatan yang telah diperbaharui untuk meningkatkan kinerja PDAM.

“Kalau dulu, PDAM memang bermasalah karena pengelolaan air membutuhkan pompa dan lain sebagiannya. Namun sekarang sudah tidak, karena air PDAM ini sudah menggunakan sistim gravitasi,” ungkapnya.

Dijelaskannya juga, bahwa saat ini PDAM Kolaka telah memiliki sumber air yang cukup bagus, setelah berfungsinya sumber air di Keakea, yang berada dalam kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Mangolo, Kelurahan Ulunggolaka, Kecamatan Latambaga.

Ia berharap, dengan dibukanya aliran air yang bersumber dari Sungai Keakea tersebut, dapat menjadi harapan baru terpenuhinya kebutuhan air bersih bagi warga di wilayah Kabupaten Kolaka.

“Alhamdulillah dengan perjuangan teman-teman semuanya kita mendapat program dari pemerintah pusat dengan perbaikan jaringan baru di Sungai Keakea,” terangnya. /A

You cannot copy content of this page