oleh

Pemdes Se Kolut Ikut Pelatihan Penulisan Berita

LASUSUA – Sebanyak 127 desa dan 186 peserta di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengikuti Worskhop Admin Website yang digelar Dinas Komunikasi, Imformatika dan Persandian (Kominfo) Kolut.

Pelaksanaan pelatihan tersebut guna melatih cara penulisan berita hingga menyusun laporan melalui Worskhop dan mengupdate ke situs resmi Pemerintah Daerah (Pemda) Kolut 2018 (Kolut Kab.go.id).

Selain Pemerintah Desa (Pemdes) yang mengikuti pelatihan selama enam hari tersebut, terdapat pula dari berbagai unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun dari pihak BPS, Kemenag, Kelurahan dan Kecamatan, yang dibimbing oleh pihak Lembaga Indonesia Makro Sistem (IMS) Makassar.

Kepala Dinas Kominfo melalui Kapala Bidang (Kabid) Penyelenggara E- Governmen Kominfo Kolut, Enty Hastatiawati   menjelaskan, dari 127 desa yang mengikuti pelatihan masing-masing mewakili satu orang perangkat desa untuk pelatihan tata cara penulisan  berita dan penyusunan laporan melalui worskhop dan mengirim ke situs.

BACA JUGA: Kolaka Utara Canangkan Program Pengembangan Kakao

“Tujuan dilakukan pelatihan bagi aparat desa workshop admin website  adalah bagaimana menghidupkan website, terutama konten berita di desa untuk diupdate di situs resmi Pemda, sehingga semua berita desa di Kolut bisa terbaca di masyarakat, bagi penguna via seluler,” ungkapnya Enty, Kamis (10/5/2018).

Enty yang juga Ketua Panitia kegiatan menyebutkan, di Website Pemda telah ada semua aplikasi dan desa tinggal memasukan berita tentang luas wilayahnya, jumlah  penduduknya, sarana dan prasarana, kesehatanya.

“Dalam latihan ini, tata cara penulisan berita kami libatkan beberapa wartawan yang resmi dari perusahaan media cetak dan online di Sultra, untuk memberikan latihan bagi perangkat desa,” jelasnya.


Reporter: Bahar
Editor: Kardin

Terkini