oleh

Pemkab Konawe Selatan Ingin Jadikan PAUD Wadah Membina Generasi Emas

-NEWS-20 dibaca

KONAWE SELATAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) ingin menjadikan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai wadah membina generasi emas kedepannya.

Bupati Konsel, Surunuddin Dangga mengatakan bahwa anak-anak adalah usia emas. Untuk itu perlu diberikan bekal ilmu pengetahuan yang baik. Mengingat anak-anak merupakan masa depan yang perlu disiapkan. Ibarat bangunan, anak adalah fondasi yang perlu dibangun dengan kokoh.

“Melalui Paud, pemkab konsel optimis bisa menjadi pencetak generasi emas. Melahirkan pemimpin-pemimpin yang berkontribusi untuk pembangunan bangsa utamanya daerah,” ungkap Surunuddin Dangga saat menghadiri acara pengukuhan Bunda Paud Kabupaten Konsel, di pendopo Rujab Bupati, Senin, 27 Juni 2022.

Baca Juga : Gubernur Ali Mazi Minta Kepala OPD Laporkan Realisasi Serapan Anggaran dan Progres Fisik

Ia meminta agar pengukuhan PAUD tak sekedar seremoni namun terdapat tanggungjawab di dalamnya dengan melahirkan SDM unggul yang berdaya saing yang merupakan komitmen pemerintah. Untuk itu peran seluruh stakeholder dan lapisan masyarakat sangat penting.

“Kami targetkan satu Desa satu Paud untuk Konawe Selatan. Pendidikan anak usia dini harus menjadi perhatian bersama. Karena merupakan fondasi untuk membentuk generasi masa depan yang berkualitas,” ujar Bupati dua periode itu.

Sementara itu, Bunda Paud Provinsi Sultra, Nur Endang Abbas mengatakan Bunda Paud harus menjadi mitra pemerintah sebagai penggerak lahirnya generasi emas dan unggul. “Kita harus mampu memastikan Paud berkualitas ada di seluruh wilayah Sultra khususnya Kabupaten Konawe Selatan,” ucapnya.

Dirinya meminta para pengajar Paud di Konsel terus meningkatkan kompetensi. Karena Paud menjadi rumah kedua bagi anak. “Kami mencanangkan sebuah program yang orientasinya pada peningkatkan kompetensi para pengajar Paud di seluruh wilayah Sulawesi Tenggara,” katanya.

Baca Juga : Test Drive di Kalla Toyota 24 Pelanggan Bakal Raih Hadiah Smartphone

Ketua Bunda PAUD Konsel, Nurlin Surunuddin mengaku bersyukur pihaknya telah dikukuhkan. Ia mengajak seluruh Bunda Paud Kecamatan, Desa dan Kelurahan yang juga baru dikukuhkan bertanggung jawab.

“Semoga momentum pengukuhan ini benar-benar dimaknai dengan baik, guna terlaksananya amanah dalam mewujudkan paud berkualitas yang akan melahirkan generasi emas Indonesia dimasa yang akan datang. Saya percaya para Bunda Paud di Konsel adalah perempuan luar biasa. Mari menjadi garda terdepan pendidikan, kesehatan dan perisai keluarga. Menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas dan berdaya saing,” tandasnya.

Disisi lain, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Konsel, Erawan Supla Yuda menyebut saat ini total lembaga Paud di Konsel sebanyak 326. “Hal ini tak terlepas dari komitmen pak Bupati (Surunuddin Dangga) yang menginginkan setiap desa memiliki Paud. Saat ini masih ada sejumlah desa yang belum memiliki Paud dan ini menjadi pr kita bersama,” jelasnya.

Penulis : Erlin

Terkini