Pemkab Konkep Kembangkan Pupuk Organik Ramah Lingkungan

NEWS354 dibaca

KENDARI MEDIAKENDARI.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) melalui Dinas Pertanian (Distan) mengembangkan pembuatan pupuk organik ramah lingkungan.

Pengembangan diikuti oleh puluhan petani di Wawonii Utara. Mereka sangat antusias mengikuti pelatihan pembuatan pupuk organik berbahan dasar komba-komba (Chromolaena odorata) tersebut.

Sekertaris Dinas (Sekdis) Pertanian Konkep, Syafrudin menjelaskan bahwa pengembangan pupuk organik ramah lingkungan ini merupakan upaya Pemerintah Daerah untuk menurunkan penggunaan pupuk kimia dalam menekan tingginya biaya belanja pupuk ditingkat petani.

“Pengembangan pupuk organik ramah lingkungan ini adalah upaya Pemerintah Daerah untuk menurunkan penggunaan pupuk kimia untuk menekan tingginya biaya belanja pupuk ditingkat petani,” kata dia, pada Selasa (13/12/22) melalui keterangan tertulisnya.

Hal yang sama juga disampaikan Kordinator Penyuluh Pertanian Wawonii Utara, Guslan.

Menurut dia, pembuatan pupuk yang ramah lingkungan untuk sosialisasi penggunaan pupuk organik berbahan ramah lingkungan bagi petani di Konawe Kepulauan khususnya di Wawonii Utara.

“Pembuatan pupuk organik ini merupakan bagian mensosialisasikan penggunaan pupuk organik ramah lingkungan di tingkat petani,” singkatnya.

Reporter : Rahmat R.