oleh

Pemkot Baubau Libatkan Kemenag Cegah Stunting

-NEWS-443 dibaca

BAUBAU, MEDIAKENDARI.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) terus berupaya melakukan pencegahan stunting diantaranya melibatkan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Baubau.

Upaya pencegahan stunting itu coba diwujudkan melalui kerjasama antara pihak Pemkot Baubau melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) dan Kemenag.

“Merencanakan sebuah keluarga itu diawali dari pernikahan dan pernikahan itu merupakan gawean Kemenag. Saat pendidikan pra nikah dilakukan, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana berperan memberikan pemahaman dan penguatan berumah tangga yang baik,” ungkap Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, Jum’at (7/10/2022).

Menurutnya, bila stunting bisa dicegah sedini mungkin maka akan pasangan suami istri bakal melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan tangguh. Ia pun berharap, pencegahan stunting juga mendapat dukungan dari semua pihak.

Sementara itu, Kepala Dinas PPKB Kota Baubau, Ali Arham mengungkapkan, pihaknya akan memberikan nasihat pernikahan kepada para calon pengantin.

“Agar seorang istri tidak melahirkan bayi stunting maka kita berikan nasehat perkawinan terkait kesehatan termasuk gizi karena manfaatnya sangat besar,” ujarnya.

Penulis : Ardilan