Pemkot Kendari Bakal Sulap Eks MTQ Menjadi Pusat Kuliner dan UMKM

NEWS261 dibaca

KENDARI, MEDIKENDARI.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari bakal menyulap kawasan Ex MTQ Kota Kendari menjadi pusat kuliner dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Penjabat Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengatakan untuk mewujudkan hal tersebut, dirinya mengharapkan agar pelaku usaha turut berpartisipasi. Dia melanjutkan rencana ini dilakukan usai Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi setuju agar Pemkot Kendari mengelola Tugu Persatuan.

“Alhamdulillah pemerintah Sulawesi Tenggara sudah memberikan kesempatan kepada Pemerintah Kota Kendari untuk mengelola kawasan ex MTQ untuk dikelola secara profesional,” ujarnya usai menghadiri Coffee Morning yang diselenggarakan oleh Bank Sulawesi Tenggara (Sultra), Jumat (9/12/2022).

Menurutnya, penyerahan aset provinsi kepada Pemkot bukan hal yang mudah. Oleh sebab itulah dia menginginkan agar aset ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin.

Lebih lanjut, Kepala Biro Umum Kementerian Dalam Negeri ini berencana agar produk yang ditawarkan di kawasan Tugu Persatuan adalah usaha atau produk masyarakat lokal. Hal ini dilakukan agar pelancong yang mengunjungi Kota Kendari ketika ingin mendapatkan souvernir dapat diperoleh dengan mengunjungi Ex MTQ.

“Barang-barang dari luar tidak boleh ada di situ, saya merencanakan produk masyarakat lokal, ataupun produk lokal Sulawesi Tenggara,” jelasnya.

Reporter: Dila Aidzin