NEWS

Pemkot Kendari Mulai Rencanakan RKPD 2024

470
×

Pemkot Kendari Mulai Rencanakan RKPD 2024

Sebarkan artikel ini
Pj Walikota Kendari Asmawa Tosepu

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mulai mendengarkan masukan, saran, dan gagasan baru dari seluruh elemen masyarakat di Kota Kendari yang diwakili oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, bahkan akademisi.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengatakan pihaknya telah mendengarkan saran atas Rancangan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang nantinya akan menjadi dasar rujukan dan referensi dalam penyusunan program kegiatan tahun 2024 nantinya.

Baca Juga : Begini Pandangan Dosen Psikolog UHO Soal Keinginan Tidak Memiliki Anak

“Konsultasi publik rancangan awal RKPD tahun 2024 merupakan salah satu tahapan yag diamanatkan peraturan perundang-undangan baik undang-undang No.25 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, Undang-undang No. 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah maupun Permendagri No. 86 tahun 2017 tentang tata cara penyusunan dokumen perencanaan,” ungkapnya saat diwawancarai pada Selasa, (21/02/2023).

Karena perencanaan adalah awal mula dari suatu kegiatan maka dirinya mengupayakan tidak ada hal-hal yang sifatnya prinsip yang tidak masuk dalam dokume perencanaan tersebut.

“Banyak masukan yang telah disampaikan oleh tokoh masyarakat, stakeholder, akademisi, bahkan pimpinan dan anggota DPRD tadi dan itu akan segera kita sempurnakan. Rancangan awal ini akan menjadi rujukan rancangan RKPD sebelum ditetapkan sebagai dokumen perencanaan,” bebernya.

Baca Juga : Mengenal “Phubbing”, Perilaku Anti Sosial Yang Merusak Hubungan

Dalam RKPD ini pihaknya memfokuskan pada seluruh dimensi kehidupan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan. Dia menegaskan RKPD tidak hanya terfokus pada perencanaan infrastruktur tetapi juga pengembangan Sumber Daya Manusia, bagaimana tata Kelola birokrasi ataupun pemerintahan di Kota Kendari.

“Semuanya akan masuk dalam RKPD karena itu akan menjadi cikal bakal program dan kegiatan yang akan dituangkan dalam APBD. Teluk Kendari juga menjadi salah satu usulan dan masukan yang memang kita akan menjadikan teluk Kendari itu sebagai halaman depan Kota Kendari,” tutupnya.

Reporter: Dila Aidzin

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page