oleh

Pemprov Sultra Bakal Tingkatkan Literasi Digital

 

 

Reporter: Zual

KENDARI – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengara mendukung penuh upaya peningkatan literasi digital di wilayahnya. Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Lukman Abunawas saat kegiatan literasi digital di salah satu hotel Kota Kendari pada Kamis, 20 Mei 2021.

Dalam kesempatan itu, ia mengatakan, tuntutan terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik dengan berkembangnya teknolgi digital membawa kosekuansi terhadap penyelenggaraan pemerintah pada erah transparansi informasi.

Wakil Gubernur ini menjelaskan, program literasi digital ini merupakan program pemerintah pusat. Kemudian Kementerian Kominfo merancang program nasional literasi digital yang diselenggarakan di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

“Program ini sejalan dengan misi Gubernur Sultra yaitu pada misi ketiga, yakni mewujudkan pemerintah yang modern, tata kelola pemerintahan yang baik serta peningkatan kapasitas pemerintahan kecamatan dan kelurahan sebagai pusat pelayanan pemerintahan,” jelasnya.

Dalam upaya mendukung program pemerintah pusat tersebut, Wakil Gubernur Lukman Abunawas mengatakan, Pemerintah Sulawesi Tenggara melalui Dinas Kominfo telah merancang beberapa program kegiatan, yakni pembangunan sistem informasi daerah yang menghubungkan sistem jaringan data dan informasi antar OPD, pembangunan command center, pembentukan Gov-Csirt, dan pengukuhan duta literasi digital.

Terakhir politisi PDIP ini berharap, agar pihak Kementerian Kominfo akan sering melaksanakan kegiatan seperti ini di Sultra, sehingga tercapai peningkatan kualitas sumber daya manusia yang siap menghadapi transformasi digital.

“Semoga kegiatan ini dapat mewujudkan Indonesia yang makin cakap digital,” tutupnya. (C)

Terkini