oleh

Pencurian Kabel FO, Akibatkan Rusaknya Jaringan Telkom di Kota Kendari

-NEWS-371 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Keluhan Gangguan layanan internet, khususnya bagi pengguna Telkom di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Kamis, 1 September 2022. Dipicu akibat kabel Fiber Optik (FO) miliki Telkom dicuri oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Manager Akses Maintenance dan Optima Telkom Kendari, Dedi Isnandar pun membenarkan hal tersebut, di mana pencurian kabel FO akan sangat menggangu kualitas jaringan internet.

“Penyebab gangguan massal ini terjadi akibat pencurian kabel Fiber Optik (FO) kami di Jalan Mayjen Sutoyo, Kelurahan Watuwatu, Kecamatan Kendari Barat,” jelasnya saat dikonfirmasi Kamis, 1 September 2022.

Baca Juga : Pastikan Penyaluran BBM Sesuai Aturan, Kapolresta Kendari Lansung Lakukan Sidak di SPBU 

Dampak dari pencurian tersebut, kata dia, mengakibatkan sebanyak enam ribuan pelanggan mengalami gangguan layanan pelambatan internet sejak Kamis pagi hingga siang.

“Kena enam ribu pelanggan. Pencurian terbaru yang jam 11 tadi. Saat ini dalam proses recovery. Tim lagi berjuang dalam me-recovery layanan,” bebernya.

Untuk itu, Dedi meminta masyarakat untuk segera melaporkan ke Telkom Kendari jika mengetahui adanya tindak pencurian atau perusakan jaringan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

“Jika masyarakat mengetahui tindakan pencurian agar segera melaporkan karena ini sangat ber-impact ke layanan telekomunikasi,” pungkasnya.

 

Reporter: Sardin.D