oleh

Penerbangan ke Wakatobi Kembali Beroperasi Oktober Mendatang, Ini Jadwalnya!

-NEWS-869 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra), memastikan penerbangan ke Wakatobi via Kendari akan segera beroperasi.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sultra J. Robert mengatakan, rencana penerbangan tersebut akan beroperasi kembali Oktober 2022 mendatang.

“Setelah pihak Wings Air memilih menyatakan stop beroperasi ke Wakatobi sejak 8 Juli 2022. Namun untuk penerbangan ke Wakatobiz dijadwalkan tiga kali dalam seminggu,” ungkapnya di Kendari, Rabu (28/09/22).

Baca Juga : Sekda Mubar Diduga Belum Tindaklanjuti Dana Perjalanan Dinas Tahun 2021 Sebesar Rp 5.2 Miliar

Ia melanjutkan, kesepakatan antara pihak Pemprov Sultra dan Wings Air sesuai kesepakatan tiga kali dalam seminggu yakni Senin, Rabu dan Jumat,” sambung Robert.

Untuk harga tiket pesawat ke Wakatobi sendiri di bawah Rp 1.000.000 juta, sesuai arahan Gubernur Sultra. Namun akan ada subsidi yang dilayangkan Pemprov, untuk mengisi kekosongan sear pesawat.

“Jadi kita kompromi dengan teman-teman pihak Lion Group. Jadi 72 seat kursi pesawat dengan asumsi bahwa sesuai dengan kebijakan Lion Air, Wings satu kali terbang ke Wakatobi itu dengan biaya operasional Rp 60 juta,” jelasnya.

Untuk model subsidi akan diakumulasi berdasarkan waktu penerbangan. Jadi model subsidinya dihitung satu jam terbang ke Wakatobi Rp 60 juta dibagi seat yang ada. Jadi Rp 60 juta bagi 72 seat itu jadinya Rp 830 ribu sekian.

Baca Juga : Susun Rencana Kerja Hingga 2026, Ombudsman dan Pemkot Kendari Jalin Kerjasama

“Sehingga kemudian tiket ditetapkan kurang lebih Rp 840 sekian, jadi tidak cukup Rp 850 untuk satu kali penerbangan ke Wakatobi,” urai Robert.

Ia melanjutkan, apabila dari 72 seat yang disepakati berapa yang terisi, maka sisanya akan di subsidi oleh pemerintah.

“Jadi untuk jalur Kendari-Wakatobi di subsidi oleh Pemprov Sultra dan untuk Wakatobi-Kendari di subsidi oleh Pemerintah Wakatobi. Untuk subsidi yang disiapkan Pemprov Sultra untuk tiga bulan ke depan sebesar Rp 1,5 miliar,” tukasnya.

Reporter : Rahmat R

Facebook : Mediakendari