oleh

Peringatan Hari Ibu di Konsel Dirangkai HUT DWP dan Hari Kesatuan Gerak PKK

-NEWS-104 dibaca

KONAWE SELATAN – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) menggelar peringatan hari ibu ke-93 di pendopo rumah jabatan bupati, Rabu, 22 Desember 2021. Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan HUT Dharma Wanita Persatuan (DWP) ke-22 dan Kesatuan Gerak PKK yang ke-49 Tahun 2021.

Bupati Konsel H Surunuddin Dangga ST MM mengatakan peringatan yang tiap tahun dirayakan ini merupakan penghargaan kepada perjuangan perempuan Indonesia dari masa ke masa, sehingga perayaan tahun ini mengangkat tema “Peran Ibu Dalam Pembangunan Bangsa dari Masa ke Masa”.

Surunuddin mengatakan disayangkan apabila perempuan masih menghadapi berbagai ketimpangan, harusnya mudah mengakses segala sesuatunya berpartisipasi turut menentukan arah kebijakan serta menikmati manfaat pembangunan.

Apalagi menurutnya, ditengah pandemi Covid-19 menunjukkan perempuan menempatkan pada situasi rentan, ketidakpastian kesetaraan gender juga mengancam tujuan pembangunan berkelanjutan.

Namun situasi tidak menentu ini, ternyata tidak menghentikan langkah perempuan Indonesia untuk hadir di garda terdepan, turun menjadi penggerak sosial dengan membangun kesadaran masyarakat pada berbagai aspek.

Sehingga melalui peringatan ini, Surunuddin berharap organisasi tersebut bisa bersama berperan aktif, memberikan arahan bimbingan kepada anggotanya untuk selalu berinovasi dan mengembangkan diri. “Gerak sekecil apapun yang berarti dapat memberikan sumbangsih bagi pembangunan keluarga dan bangsa. Untuk itu mari warnai peringatan ini dengan peran dan kerja nyata para Ibu dan seluruh perempuan demi pembangunan daerah dan bangsa,”tandasnya.

Sementara, Ketua TP PKK juga selaku penasehat DWP Konsel Hj Nurlin Surunuddin SH, mengatakan saat ini negara sedang berjuang melawan pandemi, Seyogyanyalah kaum perempuan dan ibu-ibu di Konawe Selatan dapat menjadi suri tauladan dan contoh kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan agar dapat terhindar dari penyebaran virus tersebut.

“Kita beri contoh dengan ikut anjuran pemerintah untuk melaksanakan vaksinasi terhadap diri pribadi maupun anggota keluarga. Ini bagian upaya kita terhindar dari penyebaran virus Covid-19,”imbuhnya

Perayaan hari ini, menurut dia, sebagai momentum untuk membuktikan peran kaum perempuan dalam mendorong pembangunan tidak bisa dipandang sebelah mata, misalnya mendukung suami dalam melaksanakan tugas sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.”Tentunya dibarengi upaya peningkatan kualitas SDM agar sejajar dengan kaum adam. Bukan hanya urusan kasur, sumur dan dapur saja namun bisa segalanya,”pungkas anggota DPRD provinsi Sultra ini.

Kegiatan yang berlangsung sederhana namun semarak ini dihadiri Wakil Bupati Rasyid S.Sos M.Si, Sekkab Ir Drs H Sjarif Sajang M.Si, Ketua DWP Hj Ariyati Sjarif SKM, Wakil Ketua TP PKK Suharni Rasyid S.Pi M.Pi, Kapolres Konsel AKP Wisnu Wibowo SH SIK, Kajari Dr Apriliana Purba dan unsur forkopimda lainnya serta para pimpinan OPD lingkup Pemda Konsel.

Penulis : Erlin

Terkini