NEWS

Peringati Hari Kontrasepsi Sedunia, BKKBN Lakukan Pelayanan KB Serentak

756
×

Peringati Hari Kontrasepsi Sedunia, BKKBN Lakukan Pelayanan KB Serentak

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM- Dalam rangka memperingati Hari Kontrasepsi Sedunia tahun 2022, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan pelayanan KB, yang juga serentak dilakukan diseluruh Kabupaten/Kota se Indonesia pada Kamis, (29/09/22).

Di Kota Kendari, kegiatan ini dirangkaikan dengan pelayanan KB TNI manunggal Bangga Kencana yang diselenggarakan di Puskesmas Abeli. Kegiatan ini rencananya akan dilakukan selama dua hari dan dipusatkan seluruh kegiatannya di Puskesmas Abeli.

Komandan Kodim 1417/Kendari kepada Letkol Czi Bintarto Joko Yulianto S.I.P mengatakan, kegiatan ini diprogramkan kerjasama oleh BKKBN dan TNI di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga : Tingkatkan Angka Taraf Hidup, BKKBN Buat Program BKL dan Wisuda Sekolah Lansia

“Khusus di provinsi Sultra, TNI siap untuk mendukung BKKBN maupun Pemerintah Provinsi, serta Pemerintah daerah Kabupaten/Kota, untuk melaksanakan kegiatan pelayanan kontrasepsi percepatan penurunan angka stunting di wilayah Sultra,” ujarnya saat diwawancarai.

Lebih lanjut, Bintarto mengatakan, dukungan dari pemerintah kota dan BKKBN berjalan dengan bagus, dalam mencapai target yang telah diberikan dari pusat sampai dengan saat ini kota Kendari telah mencapai 53,8% per 28 September 2022.

“Untuk target kita cukup tinggi dalam waktu yang singkat ini, khusus untuk kontrasepsi kita bisa mencapai 80%,” tutupnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Kendari, Jahudding mengatakan, kegiatan ini merupakan puncak dalam rangka TNI manunggal Bangga Kencana, yang dipusatkan di Kalimantan Selatan namun diikuti oleh seluruh Provinsi di Indonesia.

“Kegiatan manunggal ini dalam rangka percepatan penurunan angka stunting, melalui kegiatan pemberian bantuan kepada masyarakat termasuk pelayanan KB,” ungkapnya.

Baca Juga : Bentrok Dua Kelompok Mahasiswa di UHO, WR III Imbau Mahasiswa Tidak Terprofokasi

Menurutnya, pelayanan KB ini menjadi instrumen percepatan penurunan angka stunting. Di mana kegiatan ini dilakukan secara serentak di seluruh Puskesmas Kota Kendari.

“Ini adalah pelayanan kepada masyarakat disamping kita mengikuti secara langsung kegiatan puncak secara virtual, oleh Dandim kota Kendari, pemerintah kota Kendari, BKKBN Sultra dan DPPKB Kota Kendari,” bebernya.

Dirinya berharap, dengan adanya TNI manunggal Bangga Kencana bisa mempercepat penurunan angka stunting di Kota Kendari, dan menjadikan asupan baru terkait dengan bagaimana menghindari terjadinya stunting.

Reporter: Dila Aidzin

You cannot copy content of this page