NEWS

Perkuat Eksistensi Konawe Sebagai Indonesia Mini, Pemda Gelar Karnaval Budaya

763
×

Perkuat Eksistensi Konawe Sebagai Indonesia Mini, Pemda Gelar Karnaval Budaya

Sebarkan artikel ini

KONAWE, MEDIAKENDARI.COM – Beragam etnik yang ada di Kabupaten Konawe menampilkan kekayaan budayanya masing-masing dalam Karnaval Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Konawe ke-63.

Karnaval dilepas Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Suryadi, Minggu (26/2/2023).

Selain diikuti beragam perwakilan baguyuban etnis dan budaya yang ada di Konawe, karnaval juga diikuti perwakilan seluruh instansi pemerintah dan swasta.

“Kabupaten Konawe merupakan miniatur Indonesia yang tercermin dari banyaknya etnis yang tinggal dan hidup berdampingan secara damai,” terang Suryadi.

Rute karnaval sendiri dimulai dari kawasan STQ Unaaha yang terletak di Kelurahan Ambekairi, Kecamatan Unaaha, Konawe dengan berjalan kaki.

Setelah itu berlanjut ke Tugu Adipura dan belok kanan tepat berada di Jalan Poros Kendari – Unaaha, kemudian menuju ke Pos Lantas Polres Konawe di Kelurahan Tumpas.

Setibanya di pos, para peserta diarahkan belok ke kanan, mengarah ke Kantor Bupati Konawe. Sesampainya di sana barulah para peserta dianggap finish.

Para peserta tampak berjalan kaki dan diiringi mobil yang telah dimodifikasi sedemikan rupa sesuai identitas masing-masing instansi dan paguyuban.Tak lupa pula juga diiringi musik tradisional.

Untuk peserta yang mengikuti karnaval budaya di Kabupaten Konawe yakni Marching Band SMPN 1 Wawotobi, SMPN 2 Unaaha, SMPN Uepai, Polisi Cilik Binaan Polres Konawe, Dinas Peternakan, Pencatatan Sipil,

Dinas Perikanan, Sekretariat DPRD Konawe, Dinas Ketahanan Pangan, Bappeda, Disnakertrans, BKPSDM, Inspektorat, Bapenda, PDAM, BPBD, Kominfo,

Badan Perlindungan Anak dan Perempuan, BPKAD, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Perizinan, BLUD RS Konawe, dan Universitas Lakidende.

Kemudian untuk paguyuban ada Organisasi Masyarakat (Ormas) Tamalaki dan Kasiturusanna Sang Torayan (Kastor).

Sementara untuk pemerintah kecamatan ialah Kecamatan Aggaberi, Wonggeduku, Pondidaha, Abuki, Padangguni, Wawotobi, Meluhu, Unaaha, Uepai, Amonggedo.

Sampara, Onembute, Puriala, Tongauna, Lambuya, Wonggeduku Barat, Konawe, Besulutu, Asinua, Latoma, Bondoala, Soropia, Routa, Lalonggasumeeto, Kapoiala, Anggalamoare, Morosi, Anggotoa, dan Tongauna Utara.

You cannot copy content of this page