oleh

Pesan Wakil Gubernur Sultra di Mubes IKA SMAN 1 Kendari

Reporter: La Ato

KENDARI – Saat membuka Musyawarah Besar Pertama (Mubes 1) Ikatan Alumni (IKA) SMAN 1 (SMANSA) Kendari yang dilaksanakan di salah satu hotel di Kendari, Sabtu, 20 Februari 2021, Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas berharap agar yang ditunjuk sebagai ketua alumni nanti selalu mengedepankan organisasi yang sehat.

Menurutnya, organisasi yang sehat adalah organisasi yang solid dalam mengelolah kepengurusannya.

“Jangan baru dibentuk dua tiga bulan, kepengurusannya sudah bubar, sudah saling gontok-gontokan. Kalau memang organisasi kita organisasi yang betul-betul mumpuni, kepengurusannya harus solid,” kata Lukman Abunawas.

Kedua, menurutnya, harus bernilai efisien dan berdaya guna. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada tumpang tindih antara bagian yang satu dengan yang lain.

“Dengan seperti ini, apa yang kita laksanakan nantinya akan betul-betul terarah dan memiliki nilai manfaat dalam pelaksanaannya,” lanjutnya.

Suasana pembukaan Mubes IKA SMANSA kendari. Foto: La Ato

Selain solid, efisien dan berdaya guna, organisasi yang sehat juga, menurutnya, ketua yang ditunjuk harus handal dan profesional. Olehnya itu, dalam memilih ketua alumni, peserta musyawarah harus memilih atau menunjuk orang yang tidak memiliki banyak kesibukan.

“Ini kita lakukan dalam rangka, supaya orang yang akan menjadi ketua nanti bisa benar-benar diandalkan oleh semua tingkatan alumni,” ucapnya.

Yang terakhir, organisasi yang sehat, menurutnya, adalah organisasi yang orang-orang di dalamnya aktif dan tertib dalam mengelolah organisasi.

Ia juga berpesan kepada peserta musyawarah agar selalu menghayati empat hal yang dipesankan rasul dalam memilih pemimpin, yakni jujur atau sidik, amanah, fathanah, dan tabliq. (b)

Terkini