Pj Bupati Bombana Salurkan BLT BBM dan PKH Untuk Ribuan KPM

NEWS206 dibaca

BOMBANA – MEDIAKENDARI.COM: Penjabat (Pj) Bupati Bombana, Burhanuddin menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Program Keluarga Harapan (PKH)

Bantuan yang diserahkan Minggu 4 Desember 2022, di pelantaran Ruangan Terbuka Hijau (RTH) tersebut, disalurkan bagi 4.746 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Penjabat (Pj) Bupati Bombana, Burhanuddin menuturkan, bantuan diserahkan untuk KPM, penerima bantuan PKH dan Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

Baca Juga : Libatkan Seluruh Kabupaten/Kota, Dinas P3APPKB Sultra Mulai Bahas Program 2023

“Agar pemerintah dapat meringankan beban ekonomi masyarakat Bombana yang kurang mampu. Semoga ini dapat membantu masyarakat dan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya,” kata Burhanuddin.

Menurutnya, BLT BBM tahap dua yang diterima KPM sebesar Rp 300 ribu, untuk periode November dan Desember 2022. Sedangkan bantuan sembako sebesar Rp 600 ribu untuk periode Oktober, November dan Desember.

Sementara itu, untuk bantuan sosial (Bansos) PKH disalurkan untuk 4.746 KPM masing-masing sebesar Rp 450 ribu, untuk periode Oktober – Desember 2022.

“Jadi PKH tahap 4 diberikan dengan besaran sesuai komponen PKH yang terbayarkan, karena PKH ini merupakan pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga atau warga miskin dan rentan yang terdaftar dalam Data Terpadu, Kesejahteraan sosial (DTKS),” ujar Burhanuddin.

Baca Juga : Setda Pemprov Sultra Bahas Evaluasi Kinerja 2022

Selanjutnya, untuk bantuan kelompok usaha Bersama (KUBE) disalurkan bantuan pemberdayaan masyarakat bagi 76 KUBE dengan melibatkan 509 keluarga miskin.

Burhanuddin menegaskan, atas seluruh bantuan sosial yang diterima, dirinya mengimbau masyarakat agar tidak ketergantungan pada bantuan yang diberikan pemerintah.

“Akan tetapi masyarakat juga bisa memanfaatkan lahan kosong untuk ditanam sayuran atau buah sehingga dapat memenuhi kebutuhan serta perekonomian keluarga,” pungkasnya.

Reporter : Hendrik

Facebook : Mediakendari