NEWS

Pj Bupati Muna Barat Serahkan BLT ABPD ke Masyarakat Miskin

797
×

Pj Bupati Muna Barat Serahkan BLT ABPD ke Masyarakat Miskin

Sebarkan artikel ini

MUNA BARAT, MEDIA KENDARI.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten Muna Barat (Mubar) dalam hal ini Pj Bupati, Bahri memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) APBD kepada warga miskin di lima Kelurahan yang terbagi ditiga wilayah besar di daerah itu.

BLT itu diberikan di halaman Kantor Bupati Mubar usai upacara hari pemuda pancasila, Jum’at 28 Oktober 2022.

Bahri mengatakan penyerahan BLT APBD ini merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem. Apalagi, di tengah inflasi tentunya ada peningkatan masyarakat kategori miskin dan pendapatan masyarakat makin berkurang.

Baca Juga : Polda Sultra Amankan Enam Pekerja Paris Karaoke Akibat Positif Sabu

“Kita berikan bantuan BLT APBD ini empat bulan dengan nominal Rp 300 ribu per bulan. Pemberian BLT APBD ini merupakan hasil kesepakatan bersama Pemkab Mubar dan DPRD Mubar. Untuk itu, pada APBD Perubahan 2022 ini, kita siapkan anggaran sekitar Rp 400 juta,” tuturnya.

Bahri menjelaskan, dalam Instruksi Presiden (Inpres) ini ada tiga strategi yang harus diperhatikan dalam menanggulangi kemiskinan ekstrem, yakni mengurangi beban pengeluaran masyarakat, menaikkan beban pendapatan dan mengurangi kantong-kantong kemiskinan

“Untuk masyarakat di desa, kita tidak memberikan BLT APBD karena di desa sudah ada BLT DD yang diterima masyarakat. Kita ketahui, dari anggaran DD ini 40 persen itu disalurkan untuk pemberian bantuan BLT DD. Dan pada tahun 2023 nati akan memberikan lagi BLT ABPD,” katanya.

Reporter : Wa Irna

You cannot copy content of this page