oleh

Pj Sekda Sultra Apresiasi Festival Pelajar Nusantara 2022 RRI Kendari

-NEWS-567 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Asrun Lio mengapresiasi pelaksanaan Festival Pelajar Nusantara (FPN) 2022 yang digelar RRI Kendari, mulai 23-28 Oktober 2022.

“Saya atas nama Gubernur Sultra H. Ali Mazi sangat mengapresiasi pelaksanaan Festival Pelajar Nusantara ini yang bertujuan mengembangkan potensi generasi muda termasuk pelajar,” ungkap Asrun Lio saat membuka pelaksanaan FPN 2022 di RRI Kendari, Minggu (23/10/2022).

Asrun menjelaskan, kegiatan Festival Pelajar Nusantara juga dapat menumbuhkan jiwa kreasi seni dan solidaritas dalam diri setiap generasi muda.

“Kegiatan ini penting dilaksanakan karena selain sebagai ajang pembinaan minat dan bakat generasi muda untuk melahirkan prestasi di bidang seni, juga menjadi sarana hiburan bagi masyarakat, sekaligus memelihara persaudaraan diantara sesama,” tutur lulusan S3 The Australian National University of Canberra ini.

Mantan Sekretaris Dewan Riset Daerah Sultra ini juga menjelaskan, jika dilihat dari manfaat jangka panjang, kegiatan Festival Pelajar Nusantara sangatlah penting bagi para pelajar sebagai pelanjut generasi bangsa.

“Kalian adalah penerima tongkat estafet eksistensi masa depan bangsa. Karena itu mari tanamkan nilai-nilai kebersamaan disiplin dan cinta terhadap tanah air untuk mampu menjawab tantangan eksistensi masa depan bangsa,” ucap mantan Kepala Sekretariat Rektor UHO.

Asrun juga menilai, Festival Pelajar Nusantara sangatlah aktual atau sangat sesuai dengan keinginan dunia remaja yang senantiasa sedang mencari jati diri dan suka membandingkan dirinya dengan lingkungan.

“Setiap zaman memiliki suasana lingkungan yang berbeda. Ciri utama lingkungan saat ini adalah keberadaan teknologi informasi dan komunikasi di setiap tempat dan keadaan,” harap Juara 1 Diklat PIM III di BPSDM Provinsi Sultra 2019 ini.

“Kita harapkan, festival-festival remaja seperti ini dapat dikreasi lagi sesuai dengan perkembangan lingkungan dengan tetap memelihara dan menginternalisasikan nilai-nilai kearifan lokal,” imbuh Asrun.

Atas nama pemerintah provinsi Sultra, Asrun Lio berpesan kepada semua pihak, khususnya RRI Kendari agar terus bersinergi dan berkolaborasi dalam upaya pembina generasi muda bangsa, memperkuat persaudaraan dan persatuan masyarakat dalam bingkai semangat “Aku Bangga Menjadi Anak Sulawesi Tenggara” demi memajukan daerah, bangsa dan Negara melalui kegiatan pembinaan yang adaptif, dinamis serta berkualitas.

Reporter : Rahmat R.